Film MSF Borneo

goirle.jpg

Kongregasi MSF setelah dapat dukungan dari para waligereja mulai bergerak untuk mencari dana mengongkosi para misionaris yang sedang bekerja di Kalimantan dan yang akan  bekerja.

Sarana dari dahulu adalah P.U.C.I. yang didukung oleh majalah “Bode van de Heilige Familie”. Propinsi MSF telah banyak dapat menyumbangkan karya misi di Kalimantan.
Sarana film yang baru berkembang pun dipakai untuk promosi panggilan.

Dengan budget yang minimal telah diedit film bisu (hitam/putih) pada tahun 1935. Berkat bantuan perusahaan pelayaran “de Nederlanden” dan bahan film F. Tillema dikisahkan perjalanan beberapa misionaris yang berangkat dari Seminari di Kaats-heuvel. Mereka adalah pastor Th. v. Diepen, pastor J.Hagens, pastor J.Kusters, pastor A.v.Rossum dan bruder Longinus. Satu rombongan yang berangkat menuju stasiun kereta api di Nijmegen. Kemudian menuju Genua, lewat terusan Suez, Mesir mereka sampai Tanjung Priok, Batavia (Jakarta).

Bagian film ini jelas dari perusahaan pelayaran sebagai promosi perjalanan ke Indonesia. Bagian berikutnya adalah campuran gambar dari Barito, Banjarmasin, Tering, Laham dan wilayah Apo-Kayan. Mengisahkan cara hidup orang Daya dan karya misionaris di pedalaman Kalimantan. Beberapa pastor jadi artis dalam film dengan adegan specific: antar komuni kepada orang sakit dll.

Film ditutup dengan permohonan untuk memberi sumbangan kepada karya misi MSF.

2 responses to “Film MSF Borneo

  1. Saya berminat melihat Film MSF yang ada, tolong dikirim ( via email ) , terima kasih

    Alamat rumah :
    Jl.Perintis Kemerdekaan KM 18
    Taman Sudiang Indah , blok B1-39
    Makassar 90243

    Tlp 0411-550973
    Hp 0811 41 4785

  2. Boleh dong film dokumenternya, kalo ada foto jg boleh..thanks
    Email : Emanuel_mering@yahoo.com

Tinggalkan komentar