surat dari jenderalat 23

1. Pertemuan Bina Lanjut Regio Amerika di Argentina

Para Misionaris MSF Regio Amerika telah mengorganisir sebuah pertemuan Bina Lanjut yang diadakan di kota San Miguel di Argentina tanggal 18-21 Januari 2011. Hadir sebanyak 34 peserta dari Provinsi-Pprovinsi MSF Amerika dan dari wakil Jenderalat. Hadir para konfrater dari Brasil Selatan (10), Brasil Timur (5), Cile (5), Bolivia (1), USA (1) Dewan Jenderal (2) dan tidak dapat hadir utusan dari Provinsi Brasil Utara. Dalam pertemuan tahun ini dibahas tema “Panggilan dan Misi”.

2. Kapitel Provinsi Kalimantan

P. Edmondo dan P. Paulinus berkunjung ke Indonesia untuk mengambil bagian dalam Kapitel Provinsi yang diadakan di Banjarbaru tanggal 2-9 Februari 2011. Sebelum Kapitel keduanya mengunjungi Malang tempat 4 frater Kalimantan yang belajar. Setelah Kapitel mereka mengadakan pula kunjungan singkat ke Yogya dan Salatiga.  Kapitel dihadiri 26 bapak Kapitel, 3 undangan (Provinsial Jawa dan dua utusan dari Jenderalat) dan 4 orang Sekretaris. Dewan Provinsi yang terpilih adalah: P. Stanislaus Kostka Maratmo (Provinsial), P. Agustinus Doni Tupen (Vikaris dan Asisten 1), P. Antonius Garin (Asisten 2), P. Krispinus Cosmas Boli Tukan (Asisten 3). Dewan yang baru ini telah memulai mandatnya tanggal 1 Maret 2011.

3. Kapitel Provinsi Belanda

P. Santiago mengambil bagian dalam Kapitel Provinsi Belanda yang diadakan tanggal 8.02.2011. P. Zwirs menjemput beliau di bandara  Eindhoven dan membawanya ke Teteringen.  Dalam Kapitel itu hadir semua konfrater yang masih kuat yang datang dari berbagai tempat di Belanda. Seluruh Dewan Provinsi yang lama dipilih kembali. P. Johannes Zwirs (Provinsial), P. Fredericus Groot (Vikaris dan Asisten 1), P. H. van Kleijnenbreugel (Asisten 2 dan Ekonom). Dewan telah memulai mandatnya tanggal 1 Maret 2011.

4. Novisiat AntarProvinsi di Cile

Provinsi-Provinsi Regio America Latin telah memulai Novisiat bersama di Cile tahun ini. Ada 9 Novis dari 5 Provinsi yang memulai tahun novisiat tanggal 15 Januari 2011 di bawah bimbingan Magister novisnya P. Pablo Barreiro MSF dan socius Br. Héctor Pinto MSF. Para novis (dari kiri ke kanan): Jeidson Cardoso Ribeiro (Brasil Timur); Márcio Cley Santos Silva (Brasil Selatan); Genivaldo de Souza Mendes (Brasil Timur); José Adailton Francisco Nascimento (Brasil Timur); Thiago Batista da Luz (Brasil Utara); Fr. Héctor Mauricio Pinto (Cile); Pe. Pablo Hernán Barreiro (Magister); Oberdan Henrique Fiorese (Brasil Selatan); Sergio Adrián Elifonzo (Argentina); Valmir Miguel Majolo (Brasil Selatan); José Cidrone Rodrigues do Amaral (Brasil Utara).

5. Skolastikat Provinsi Kalimantan di Malang

Provinsi Kalimantan mempunyai 11 frater yang kini belajar bersama para frater Provinsi Jawa di Yogyakarta. Namun dari tahun lalu, Provinsi itu telah mengirim 4 fraternya ke Malang-Jawa Timur.  Fakultas Filsafat dan Teologi “Widya Sasana” Malang adalah juga tempat belajar para frater dari semua keuskupan tempat para imam MSF Kalimantan bekerja. Ada beberapa kongregasi seperti SVD, Karmelit, Pasionis, Monfortan dan beberapa kongregasi lain yang mengirim para fraternya ke sana. Keempat frater itu: Fr. Daniel Rusen (menjalani program S2) dan  Fr. Sonitus Garsa Bambang, Fr. Tarsisius Asmat dan Fr.Yeremias B. Sae (ketiganya menjalani program S1).

6. Simposium Keluarga di Polandia

Provinsi MSF Polandia baru saja mengadakan sebuah Simposium tentang “Familiaris Consortio” dan aktualisasinya setelah 30 tahun terbitnya dokumen itu. Seminar diadakan 2-3 Maret 2011 di Seminari Tinggi MSF Kazimierz Biskupi, di Polandia.

Misa pembukaan dipimpin Mgr. Wiesław Mering – uskup Włocławek, sedangkan homili dibawakan oleh Mgr. Stanisław Stefanek Tchr –  uskup di Łomża. Superior Jenderal MSF MSF – P. Edmund Jan Michalski MSF, memberi sambutan Pembukaan dalam Simposium itu.

Beberapa konfrater dari Polandia mengambil bagian sebagai pembicara dalam Seminar itu. P. Andrzej Pryba MSF (Universitas Poznan) berbicara tentang “Pendidikan Anak, hak dan kewajiban orang tua”. Sedangkan dalam Sesi ke-5, P. Bogdan Peć MSF (Universitas Opole) memberi masukkan tentang “Ketika Therapi menjadi bantuan untuk beristirahat dengan baik”. Selanjutnya P.  Marian Machinek MSF (Universits di OLSZTYN) berbicara tentang “makna iman bagi pelayanan pembinaan biblis kehidupan pasangan suami-isteri”. Provinsial Polandia P. Marian Kołodziejczyk MSF, memberi sambutan terakhir untuk menutup Simposium yang dihadiri sekitar 100 peserta itu.

Paulinus Yan Olla MSF

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s