surat dari Jenderalat MSF

uskup-januaria

 

 

Sejak tanggal 31 Januari lalu Dioses Januária, di Brasilia, mendapat seorang uskup baru, Mgr. José Moreira da Silva. Uskup José sebelumnya imam projo di Keuskupan Porto Nazionale, wilayah Amazzonia di Brasilia. Beliau ditahbiskan sebagai uskup tanggal 17 Januari lalu. Setelah hampir 25 tahun menjalankan tugas pastoralnya, Mgr. Anselmo Müller MSF akhirnya menjalani masa pensiun dan kini tinggal di Paroki San Augustino, di Chapada Gaúcha, sebuah wilayah pedesaan dalam keuskupan yang sama. Beliau akan melayani di paroki itu. Keuskupan Januária dilayani oleh para uskup dari MSF sejak tahun 1962, selama 47 tahun.

 

2. Tromso, Norvegia

:

 

neuer_bischof1

Tanggal 28 Maret romo Berislav Grgić akan ditahbiskan sebagai uskup di Tromso, Norwegia, untuk menggantikan Mgr. Gerhard Goebel MSF yang meninggal tanggal 4 November 2006. Mgr. Berislav Grgić berasal dari Bosnia, pernah bejerja di Norwegia dan pada tahun-tahun terakhir bekerja di Jerman. Hampir seluruh imam di keuskupan itu adalah para imam MSF dari Provinsi Polandia. Superior Jenderal, P. Edmondo Michalski berencana menghadiri tahbisan uskup baru tersebut.

 

Brasilia Utara

 

 

 

 

dewan-brasil1Dari tanggal 09 sampai 13 Februari Provinsi Brasilia Utara mengadakan kapitelnya. Mereka mendiskusikan dan menghasilkan 24 butir keputusan untuk dijadikan pegangan dalam animasi maupun perubahan beberapa aspek kehidupan Provinsi dalam bidang: pendidikan, administrasi, misi dan hidup komunitas. Kapitel tersebut telah memilih Dewan Provinsi yang baru yakni: P. Vicente Ferré Ferriera Campos (Superior Provinsial); P. Domingos de Sá Filho (Vikaris Provinsial); P. Islan Alves Gonçalves (° Asisten 2); P. Heribert Stahl (Asisten 3). Mereka akan memulai mandatnya dari tanggal 19 Maret 2009. Dari jenderalat hadir dalam kapitel itu P. Edmundo dan P. Itacir.

 

Pembenuman Angota Komisi Hukum

 

 

 

Dewan Jenderal setelah pembicaraan dengan para Provinsial terkait telah membenum beberapa konfrater sebagai anggota Komisi Hukum. Mereka: P. Egon Fäber (Jerman), P. Francesco Pavin (Swiss), P. Sławomir Wiktorowicz (Polandia), dan P. Silverter Susianto (Jawa). Komisi ini akan membantu Jenderalat menghadapi persoalan-persoalan hukum berpedoman mandat dari Kapitel Umum yang lalu. Pertemuan Komisi untuk pertama kalinya direncanakan akan berlangsung di Roma pada bulan Juni 2009.

 

Para Prokurator Misi dan Provinsial Regio Eropa 

 prokurator2

Dewan Jenderal telah mengundang para Prokurator Misi dan para Superior Provinsial dari wilayah Eropa untuk sebuah pertemuan di Gorka Klastorna, Polandia, dari tanggal 10 sampai 14 Maret. Tujuan pertemuan tersebut adalah saling membagi pengalaman antarProvinsi dan usaha mencari sebuah pedoman umum serta pengarahan tentang bagaimana karya para Prokur dilaksanakan. Pertemuan itu dikoordinir Jenderalat dengan kehadiran P. Edmundo dan P. Santiago, didukung keterlibatan Provinsi Polandia.

 

 

 

 

Paulinus Yan Olla MSF

Sec.Generale MSF

 

 

 

 

One response to “surat dari Jenderalat MSF

  1. Trimakasih alaman web MSF membantu saya secara pribadi untuk mengenal MSF mondial…Salam dalam Keluarga Kudus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s