P. Jean Berthier MS: Pejuang Misi Tanpa Kenal Lelah

Menjelang peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2008, muncul wacana dan ide untuk mengangkat alm. Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional. Wacana ini cukup mengundang sikap pro-kontra di kalangan masyarakat. Ada banyak polemik yang muncul terlebih ketika wacana ini justru muncul dari kalangan tokoh politik dan diusulkan oleh suatu partai politik tertentu. Orang mulai bertanya ada apa di balik wacana tersebut?

        

Team Redaksi majalah HIDUP dalam edisi mengenai hari pahlawan, menampilkan beberapa pejuang Katolik yang secara resmi mendapat gelar dari pemerintah sebagai pahlawan nasional. Sementara membolak-balik majalah tersebut saya menjadi bertanya kapan yah, P. Berthier masuk dalam daftar para kudus yang bisa dikenang oleh selurh umat Allah sebagai salah satu tokoh pejuang misi, misionaris tanpa kenal lelah?

Tentu saja menjadi perkara yang tidak mudah bagi Takhta Suci untuk mengangkat seseorang menjadi santo atau santa dalam Gereja bilamana kriteria-krieteria yang ditentukan belum memenuhi. Dan mungkinkah hal yang sama ini berlaku bagi P. Berthier. Seraya menunggu proses kanonisasi selanjutnya, tarekat MSF tentu saja setiap tahun mengenang beliau dengan penuh rasa hormat, karena P. Berthier adalah pendiri tarekat MSF. Dan tidak berlebihan juga kalau dalam proses penantian yang panjang ini, muncul pertanyaan: “Kapan Pater Berthier menjadi orang Kudus”?

Pada hemat saya, rasanya tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa menjadi orang kudus, pertama-tama bukan persoalan pembuktian ilmiah, melainkan persoalan iman. Iman itu antara lain diungkapkan dalam doa-doa. Maka akan menjadi lebih indah kalau upaya-upaya manusiawi berupa doa-doa devosi yang berkaitan dengan Pater Berthier, diperkenalkan kepada umat. P. Berthier, bagi para anggota MSF, sudah menjadi “orang kudus”, tetapi umat mungkin belum banyak yang mengenal sosok P. Berthier, “Misonaris Tanpa Kenal Lelah”.

 

Daniel Rusen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s