FRATER MSF ‘IN ACTION’ DI UNIO SAMPIT

Setelah melakukan perjalanan cukup jauh dari Yogya melewati Banjarbaru – Palangkaraya, 18 Frater MSF tiba di unio Sampit untuk kegiatan Live In dan Aksi Panggilan mereka dari tanggal 13-19 Januari 2009.

Empat Frater menuju ke Paroki Rungan Manuhing, Empat orang lagi ke Paroki Parenggean dan sepuluh 10 Frater ke paroki Sampit. Hari selasa 13 januari tepat pukul 14.00 Wib 10 Frater yang ke Paroki Sampit tiba di Pastoran. Setelah santap siang bersama, mereka langsung diutus berdua-dua ke 5 stasi yang telah dipilih yakni : Lowuk Bunter, Baninan, Parit Desa, Palangan dan Tanah putih. Ada yang dijemput mengunakan sepeda motor, ada yang diantar dengan mobil dan ada yang bersama Pastor Cosmas MSF, menuju Palangan dengan Speed Boat.

Setelah beberapa hari bersama dengan anak-anak, orang muda serta para orangtua di stasi, dan setelah mengenal kehidupan, mendengar harapan serta dukungan umat, sesuai rencana para frater kembali untuk berkumpul lagi di Sampit hari

Jumat 16 januari 2009. Sore hari tiba juga 4 frater dari Parenggean. Sedangkan 4 dari Rungan manuhing, karena jarak lebih jauh, baru bergabung keesokan harinya. Pada sore harin meraka mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan outbond esok harinya, bersama Misdinar dan OMK Sampit. Malam harinya diadakan latihan koor di Gereja.

Sabtu 17 Januari, 2009, setelah evaluasi bersama pastor Cosmas MSF khusus dengan yang live in di 5 stasi Sampit untuk sharing, mendengar masukan dan harapan umat untuk para frater sendiri maupun para pastor yang ada di Sampit, para frater dengan penuh keceriaan bersama 160-an orang muda Katolik Sampit yang terdiri dari Misdinar, Anak asrama putra dan putri serta melakukan Outbond di halaman gereja, sekolah dan pastoran. Kurang lebih ada 10 jenis kegiatan outbond dilakukan bersama dalam kesempatan itu, dengan Flying Fox sebagai “menu utama” karena sungguh menguji nyali. Saking semangatnya menjelang pukul 14.00 Wib kegiatan ini baru berakhir. Setelah kedatangan 4 frater dari Rungan Manuhing bersama P. Suryohadi MSF yang menghantarnya, tepat pukul 18.00 wib, bertempat di Gereja Sampit, diadakan sarasehan bersama para frater dengan seluruh umat. Para frater memperkenalkan jenjang pendidikan imamat dan memperkenalkan P. Berthier MS, pendiri MSF kepada Umat. Setelah santap malam bersama seluruh umat di halaman gereja yang dipersiapkan dengan baik oleh para ibu yang ada di Paroki Sampit, rangkaian kegiatan ditutup dengan Doa taize bersama yang mengesan dengan lagu yang indah serta musik yang mendayu dari para frater.

“Panggilan Tuhan bagi umat-Nya, diatas bumi ciptaan-Nya”…. Itulah sepenggal syair yang dinyanyikan para frater MSF dalam perayaan ekaristi bersama pada hari minggu 18 januari 2009 di Gereja Sampit tepat pukul 08.00 Wib. Perayaan Ekaristi dipimpin Oleh P. Cosmas, MSF, didampingi P. Teddy Aer MSF (Provinsial MSF Provinsi Kalimantan), P, Suryohadi MSF dan P. Prillion, MSF. Dalam Kotbahnya Pastor Provinsial menceritakan situasi semakin berkurangnya jawaban umat atas panggilan Tuhan untuk menjadi imam, bruder dan suster serta mengajak para orang tua untuk menciptakan situasi yang mendukung agar anak-anak mereka berani juga menjawabi panggilan Tuhan untuk menjadi Imam, Bruder dan Suster. Perayaan Ekaristi diakhiri dengan tepuk tangan meriah umat ketika para frater dengan suara yang merdu mengakhiri lagu penutup.

Sore hari diadakan olahraga bersama dengan orang muda dan umat yang hadir. Semua terlibat dalam permainan sepak bola, volley ball dan, basket serta permainan kasti dari anak-anak misdinar dan pendampingnya. Dalam sepak bola, para frater MSF dibantu Pastor Cosmas MSF, harus mengakui keunggulan asrama putra Sampit. 3-2 untuk Asrama putra Sampit. Tepat pukul 19.00 Wib, diadakan pentas drama dan musik di halaman Gereja Sampit. Para fater menampilkan kebolehan mereka dalam bermain band dan Drama yang memukau umat Sampit yang mengisahkan suka duka hidup seorang frater dalam menjawabi panggilannya. Tidak hanya para frater, Misdinar Paroki Sampit, asrama putra dan Putri, OMK sampit serta Siswa Siswi SMU Taruna Jaya Sampit, tampil juga mempersembahkan acara mereka. Drama dari Asrama putra dan putri menampilkan realitas hidup orang muda. Rangkaian kebersamaan malam itu berakhir pada pukul 22.00 dengan doa penutup oleh, P. Tjoek MSF.

Senin 19, januari 2009, saat perpisahan pun tiba. Setelah sarapan dan ucapan terimakasih dari Pastor Cosmas MSF, juga ungkapan terimakasih dari Para Frater yang diwakili ketua rombongan Fr Edi (“Warso”) Nahar, MSF, ke-18 Frater MSF meninggalkan sampit menuju Palangka Raya, terus Banjarbaru hingga akhirnya kembali Ke Yogyakarta. Terimakasih untuk MSF Provinsi Kalimantan, terimakasih untuk Para pastor unio Sampit dan umatnya, terimakasih untuk Dewan Paroki dan semua umat Sampit. (CB. MSF).

3 responses to “FRATER MSF ‘IN ACTION’ DI UNIO SAMPIT

  1. Terima kasih atas segala kebaikannya….

    Yonas

  2. kegiatan live in untuk para frater sepertinya sesuatu yang sangat perlu. pasalnya saat ia hendak memutuskan untuk melanjutkan panggilannnya, ia sudah mendapatkan bayangan awal akan kondisi real umat yang akan dilayaninya. lebih dari itu, semangat dan motivasi panggilannya pasti berangkat dari kondisi real di kehidupan umat.

    so, sukses untuk panggilannya n semangat …

    salam buat Rm. Kosmas, Rm. Ion, Rm. Pius, n Rm. Eman.
    selamat bertugas romo, tuhan memberkati…

  3. salam buat romo mateldus bambang sumartejo MSF, met tugas, jaga kesehatan, Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s