Berita dari Jenderalat di Roma

Roma, 24.01.2009

 

1. Kunjungan ke Madagascar

 

Dari tanggal 7 sampai 17 Januari, Pater Jenderal bersama P. Santiago mengunjungi Provinsi Madagaskar. Keduanya mengambil bagian dalam perayaan Centenarium yang dirayakan di Antananarivo di sebuah paroki para imam La Salette. Hal itu memperlihatkan adanya relasi yang baik antara kedua Kongregasi. Perayaan Ekaristi dan pesta setelah perayaan itu yang dihadiri Provinsial dan banyak konfrater membawa sebuah suasana kegembiraan menyertai peringatan 100 tahun wafatnya Pendiri kita.

Provinsi ini makin menggalakkan karya panggilan mulai dari aspiran, novisiat dan Skolastikat, suatu karya yang memberikan pula kegembiraan kepada kita. Dalam pertemuan dan dialog dengan para calon maupun para formator, P. Jenderal mendukung, mendorong dan memperkuat usaha para konfrater untuk melanjutkan karya di bidang itu.

Dalam pertemuan dengan Dewan Provinsi, Dewan Pertimbangan Provinsi, komunitas di Ambalavao dan dengan sebagian konfrater, dimungkinkan adanya pemahaman dan tukar pikiran timbal-balik antara para wakil dari Provinsi Madagskar dan Dewan Jenderal. Semua hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan Kapitel Provinsi yang akan berlangsung pada bulan September 2009 mendatang.

 

2. P. Luis López Fernandez

 

Dari tanggal 19 sampai 22 Januari 2009,  P. Luis, Rektor Komunitas para Misionaris MSF di Santa Cruz de la Sierra, Bolivia, mengunjungi Jenderalat. Pada kesempatan itu diadakan sebuah pertemuan singkat antara P. Luis dengan Dewan Jenderal untuk membicarakan situasi misi di Bolivia.

Dalam pertemuan itu dibicarakan soal proyek-proyek, tantangan, kesulitan dan harapan yang muncul dari karya misi di sana. Sebuah kunjungan singkat dan pertemuan untuk mendorong dan mendukung misi. Dewan Jenderal berusaha membantu, mengarahkan dan mendampingi misi internasional antarProvinsi itu.

 

3. P. Sóstenes Tavares Luna

 

Setelah menunda ujian doktoral yang seharusnya diadakan pada bulan Juni 2008 yang lalu, karena alasan sakit, akhirnya, P. Sostenes tiba kembali di Roma tanggal 19.01.2009. Dua hari setelahnya dari jam 16.00 sampai jam 18.00 di universitas Gregoriana, beliau mempertahankan Tesisnya, “Camminando verso le promesse del Padre: L’esperienza spirituale dei pellegrinaggi a Juazeiro do Norte”. Setelah menerbitkan sebagian dari Disertasinya ini, beliau akan kembali ke Provinsinya di Brasil Utara. Kita mengucapkan selamat atas kesuksesan ujiannya dan mengucapkan pula selamat melanjutkan tugasnya di masa depan.

 

4. Novisiat Internasional di Argentina

 

Pada tanggal 16 Januari 10 novis telah menyelesaikan masa novisiatnya dan mengikrarkan kaul pertama di San Miguel (Argentina): 5 orang dari Provinsi Brasil Selatan; 2 dari Provinsi Argentina, 2 yang lain dari Provinsi Brasil Timur dan 1 orang dari Provinsi Brasil Utara.

Selanjutnya pada tanggal 24 Januari, setelah diadakan retret yang dipimpin P. Fernando Ibañez (dari Provinsi Chili), 3 orang nosvis memulai tahun novisiatnya: Wanderson Nogueira Alves dan Josias Ferreira do Nascimento (dari Provincia Brasil Selatan) dan Cristian David Deluca (dari Provinsi Argentina).

 

Paulinus Yan Olla MSF

Sec.Generale MSF

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s