Info Jenderalat MSF 29.11.2008

1. Pengukuhan Provinsial Argentina

 

Pater Jenderal dengan persetujuan para Asistennya dalam rapatnya tertanggal 03.11.2008, telah mengukuhkan pemilihan P. Enrique H. Ramos Biraque sebagai Provinsial Argentina. P. Enrique yang terpilih pada tanggal 14 Oktober 2008 telah memulai masa tugasnya sejak tanggal 05 November 2008. Dewan Provinsinya sbb: P. Luis Kozubinski (asisten pertama dan wakil Provinsial), P. Alberto Coronel (asisten 2), P. José Scocco (asisten 3).

 

2. Tiga Provinsial Baru di Roma

 

Dewan Jenderal telah mengadakan sebuah pertemuan dengan tiga Provinsial: P. Zwirs (Belanda), P. Salazar Alonso (Spanyol) dan P. Ramos Biraque (Argentina) dari tanggal 10 – 14 November 2008 di Roma. P. Jenderal mengawali pertemuan itu dengan menenjelaskan alasan diadakan pertemuan bagi para Provinsial baru. Dijelaskan pula pentingnya komunikasi antarProvinsi maupun komunikasi antara Provinsi-Provinsi dan Dewan Jenderalal. Selama pekan pertemuan itu telah diadakan pula kunjungan ke biara pertapaan St. Benediktus di Subiaco, sebuah audiensi umum di lapangan St. Petrus dan kunjungan ke dua paroki MSF di kota Roma.

 

3. Pertemuan para Provincial Amerika Latin dan Spanyol

 

P. Jenderal dan P. Itacir telah menghadiri pertemuan para Provinsial Amerika Latin dan Spanyol di Argentina. Pertemuan itu diawali dengan memberi kesempatan bagi setiap Provinsial untuk mengungkapkan pengalamannya dalam memimpin dan menggambarkan situasi di Provinsinya masing-masing. Para Provinsial pun diberi kesempatan menceriterakan bagaimana perayaan pembukaan tahun Centenarium wafatnya Pendiri telah dirayakan di Provinsinya.

Dalam pertemuan itu telah dibicarakan berbagai topik menyangkut: misi di Bolivia, novisiat internasional di Argentina, maupun kemungkinan di masa depan sebuah Skolastikat internasional. Pertemuan para Provinsial berikutnya akan berlangsung pada tanggal 28-29 April 2009.

 

4. Misi Baru

 

a. Para Missionaris Jawa ke Jerman.

 

Pada bulan September 2008 Provinsial Jawa mengadakan sebuah kunjungan ke Jerman. Dalam kunjungan yang dihadiri P. Jenderal dan P. Itacir itu P. Yoh. Mulyono berbicara dengan Provinsi Jerman berkaitan persiapan para missionarisnya ke Jerman. Provinsi Jawa sendiri telah membenum dua konfraternya untuk misi di Jerman. Pada saat ini kedua konfrater itu sedang menanti visanya untuk berangkat ke Jerman.

 

b. Para Missionaris Brasil Selatan ke Mozambik.

 

Prrovinsi yang sejak bebrapa waktu lalu telah mengirim seorang anggotanya ke Mozambik ini sedang bersiap mengirim tambahan dua tenaga misioner ke Mozambik. Mereka akan bekerja dan membentuk sebuah komunitas misi di negara itu. Misi yang semula merupakan partisipasi dalam misi Konferensi para Uskup Brasil itu kini dilengkapi menjadi sebuah misi Provinsi Brasil Selatan.

 

c. Para Missionaris Kalimantan Filipina.

 

Dalam rangka menjawab permintaan uskup Nuovaliches agar para Misionaris MSF bekerja di keuskupannya (dalam bidang pastoral Keluarga), Provinsi Kalimantan telah menjajaki kemungkinan itu. Dihadiri P. Paulinus Yan Olla dari Jenderalat yang mengadakan kunjungan ke Manila, P. Provinsial Kalimantan, P. Teddy Kananites Aer,  telah menyerahkan sebuah surat resmi kepada uskup. Surat itu mengungkapkan kesedian Provinsi untuk bekerja di keuskupan Nuovaliches. Uskup telah menerima surat itu dan menanti para misionaris Kalimantan untuk memulai karya pastoral di keuskupannya

 

5. Pembenuman Anggota Komisi Keluarga dan Komisi

 

P. Jenderal dengan persetujuan para asistennya dan setelah berkonsultasi dengan para provinsial dan pribadi-pribadi terkait telah membenum para anggota

 

a) untuk Komisi Keluarga: P. Genivaldo Lopes Soares (Brasil Utara), P. Tommaso Górecki (Polandia) e P. Yeremias Balapito (Jawa). Dari pihak Jenderalat  P. Santiago e P. Patrice akan menjadi penanggungjawab untuk Komisi itu.

 

b) untuk anggota Komisi Misi dibenum antara lain: P. Philip Sosa (USA), P. Fernando Lopez Fernandez (Spanyol), dan Bruder. Moacir Filipin (Brasil Selatan). Dari pihak Jenderalat P. Jenderal dan P. Paulinus Yan Olla akan menjadi penanggnungjawab untuk Komisi ini.

 

c) Sedangkan berkaitan Komisi Pendidikan, Dewan Jenderal pada sidangnya tanggal 13.01.2008, telah mengukuhkan sebagai anggota Komisi: P. Wim van der Weiden (Jawa), P. Benjamin Rabemanantsoa (Madagaskar), e P. Adam Sobczyk (Polandia). Dari Jenderalat P. Itacir menjadi penanggungjawab untuk Komisi itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s