Tiga Pertanyaan Presiden

Walaupun bapak presiden mempunyai apa saja yang diinginkan, hatinya tidak tenteram, karena ia tidak tahu apa tujuan hidupnya. Tiga pertanyaan terus menerus mengganggu ketenteraman hatinya: “Apa yang harus kulakukuan untuk memenuhi kehendak Tuhan? Dalam kerjasama dengan siapa? Dan kapan?”

 

Setelah meminta petunjuk dengan banyak orang berilmu dan tidak menerima jawaban yang memuaskan, bapak presiden menjumpai Lawing yang sedang membersihkan ladangnya. Tetapi ia tidak menghiraukan orang yang bertanya-tanya itu dan meneruskan pekerjaannya. Amat tersinggung bapak presiden dan ia berkata: “Tidakkah kamu tahu siapa yang bertanya-tanya padamu? Aku ini bapak presiden!” Tapi Lawing tidak peduli dan terus saja bekerja.

 

Tiba-tiba seorang pemburu yang luka parah terhuyung-huyung masuk ke dalam ladang dan terjatuh. Pada saat itu Lawing berkata: “Tolonglah ngantarin orang malang ini ke pondok.” “Saya akan menolongmu, asal kamu menjawab dahulu ketiga pertanyaanku,” jawab presiden. “Nanti saja,” kata Lawing. Dan bersama-sama mereka menggotongnya ke pondok. Setelah sampai di pondok dan membersihkan serta membalut luka-luka si pemburu, Lawing berkata kepada presiden: “Sekarang bapak boleh pulang dengan tenteram karena ketiga pertanyaan sudah terjawab. Anda harus melakukan apa yang anda hadapi di jalan hidup, bersama orang yang kebetulan ada disitu dan pada saat hal itu terjadi.”

samaritaan2 

Ketika orang Samaria yang murah hati melihat orang yang dirampok penyamun itu, tergeraklah hatinya oleh belaskasihan. Ia pergi kepadanya, membalut luka-lukanya, membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua keping uang perak kepada pemilik penginapan itu, katanya: “Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.” ( Luk 10: 30-35)

 

p. Yan Zwirs msf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s