Permulaan Misi MSF di Keuskupan Atambua, Timor Barat

Kapitel luar biasa MSF Provinsi Kalimantan pada bulan Mei 2007 memutuskan untuk membuka misi MSF di Keuskupan Atambua. Dua kali kunjunngan untuk pembicaraan awal dilakukan pada bulan Juli dan bulan September 2007. Akhirnya pada awal Februari 2008, dua misionaris perdana: P. Kasmir MSF dan Br. Stanis MSF diutus ke Atambua, diantar oleh Provinsial MSF Kalimantan, Pastor Teddy MSF. Pastor Kasmir menulis beberapa hal mengenai Misi Atambua setelah beberapa bulan mulai bekerja di Keuskupan Atambua.

Tanggal 31 Januari 2008, Kami bertiga, P. Teddy (Provinsial), P. kasmir dan Br. Stanis meninggalkan Provinsialat MSF di Banjarbaru menuju Surabaya dan selanjutnya ke Kupang. Di bandara El Tari Kupang, kami dijemput oleh Sr. Katrin RVM, dan mengiap di Novisiat RVM Penfui Kupang. Keesokan harinya. Tanggal 1 Februari 2008. kami dengan mobil Kijang (sewa) meluncur menuju Atambua, dan tiba jam 16.00 WITA dan langsung disambut oleh Mgr. Dominikus Pr, Uskup Atambua. Malam hari diadakan pembicaraan berempat: Uskup, Provinsial dan kedua misionaris perdana ini. Tanggal 2 Februari kami bertiga diantar Rm Vinsen Naben Pr menuju paroki Kiupukan untuk bertemu dengan Rm Yoseph Nahak Pr (Pastor Paroki Kiupukan). Sore hari, Provinsial menuju Kedamenanu, bertemu dengan Romo Deken, dan selanjutnya ke Kupang dan kembali ke Kalimantan.

Sejak Awal Pebruari sampai sekarang (bulan Mei) kami berdua tinggal bersama dengan Romo-romo Pr di Paroki Kiupukan sambil belajar mengenal situasi. Salah satu tugas kami adalah sembari membantu pelayanan pastoral, kami meninjau lokasi yang akan ditentukan sebagai paroki yang dilayani oleh MSF.

Mengapa Paroki Kiupukan? Salah satu alasan mengapa Uskup Atambua meminta Tarekat MSF mengambil sebagian wilayah paroki Kiupukan (menurut rencana pemekaran paroki) adalah karena besarnya jumlah umat di paroki ini. Menurut catatan, umat paroki Kiupukan berjumlah 30.000 jiwa (lebih banyak dari seluruh umat di Keuskupan Banjarmasin!!!). Kiupukan adalah paroki paling luas dan paling banyak umatnya!

Kendati baru tiga bulan berada dan bekerja di Keuskupan Atambua, para seminaris dari Seminari Lalian Atambua telah ”melirik” MSF. Awal bulan Mei, Pastor Yohanes Marharsono MSF, Direktur Semnari Johaninum Banjarbaru sudah datang ke Seminari Lalian untuk mengadakan seleksi atas beberapa calon dari Seminari ini yang ingin melamar ke MSF Kalimantan.

8 responses to “Permulaan Misi MSF di Keuskupan Atambua, Timor Barat

  1. Profiat atas karya misi baru MSF di Keuskupan Atambua. Terima kasi para Rm. yang bersedia untuk berkarya atau bermisi di keukupan ini. saya sangat senang dan bangga atas kesediaanya. terima kasih untuk Profinsial MSF dan para dewan. Saya dukung dgn doa. selamat Berkarya……Tuhan menyertai karya MSF semoga semakin subur iman umat berkat kehadiranmu. Tuhan memberkati…….

  2. Demitrianus Amasanan (Miti)

    Semoga Karya Misi baru MSF selalu dalam lindungan Tuhan. Saya yakin kehadiran MSF sangat membantu Umat di Paroki Kiupukan umumnya dan Paroki Yang rencananya akan dibangun di ainan, kampung halaman Alm. Papaku tercinta. Pr. Kasmir, MSF sangat Ramah dan menyenangkan. Smoga selalu sukses ya??? saya turut mendoakan.

  3. Sebagai seorang putra daerah Kiupukan, saya sangat senang mendengar berita ini. Terima kasih sudah mau berkarya di wilayah paroki Kiupukan. Memang disadari wilayah wilayah paroki ini besar sehingga membutuhkan tenaga imam yang cukup. Kehadiran para misionaris MSF di paroki Kiupukan dapat membantu tugas pewartaan sabda Tuhan. Maju trus MSF dan trus berkaray bagi gereja, nusa dan bangsa. Tuhan Yesus memberkati

  4. elfrid boysala (BOYZ)

    Salam Keluarga Kudus
    Saya sangat senang mendengar kabar MSF memulai karya di Keuskupan Atambua. Karya utama MSF sebagai Misionaris pendamping keluarga sangatlah membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di mana pun MSF berkarya. Untuk itu proficiat buat MSF yang mau melanjutkan misi di Keuskupan Atambua. Semoga semangat Kerasulan Pater J. Berthier, MS selalu bersemayam dalam jiwa anak-anaknya(MSF).
    Salam Keluarga Kudus; Yesus, Maria, Yosef.

  5. Saya, imam diosesan Keuskupan Agung Kupang mengucapkan, “Selamat datang di tanah Timor, Mari dan lihatlah!”

  6. Sajak Abadi Harum Cendana

    Welcome to Our West Timor…. God bless MSF. Viva Timor Barat, Hidup Gereja Katolik!

  7. slamat berkarya di tanah timor ya… MSF menabur kasih Kristus

  8. Perjuangan di tanah timor, smoga selalu bersemangat dalam kasih Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s