Yang Muda Yang Bermisi

Pertemuan Moderatores Khusus
Tingkat Propinsi Gerejawi
Samarinda Angkatan II
Samarinda,
11 – 15 Oktober 2007

(Dionisius Agus Puguh Santosa)

Pada tanggal 11 – 15 Oktober 2007 kemarin telah digelar Pertemuan Moderatores Khusus Tingkat Propinsi Gerejawi Samarinda Angkatan II yang mengambil tempat pelaksanaan di Seminari Menengah St. Yohanes Don Bosco Keuskupan Agung Samarinda. Kegiatan ini sebagai kelanjutan pelaksanaan kegiatan serupa tahun lalu yang diberi nama Pelatihan Pendamping Orang Muda Katolik tingkat Provinsi Gerejawi Samarinda (pediomka 2006) yang saat itu dilaksanakan di Wisma Sikhar, Banjarbaru pada tanggal 5 – 10 Juni 2006.

yang-muda-yang-bermisi.jpg

Misa Pembukaan dipersembahkan oleh Ketua KOMKEP KWI Mgr. Hardjosusanto, MSF sebagai konselebran utama didampingi oleh Pastor Gregorius Syamsudin, MSF dan Pastor Antonius Juned Triatmo, Pr.

Dalam kegiatan pelatihan ini, para peserta diberikan sebuah pemahaman bahwa mereka adalah “moderator khusus” yang terpilih dan terpanggil untuk mendampingi sahabat-sahabat mereka sebagai sesama Orang Muda Katolik. Para moderator khusus ini diajak berpikir, bagaimana supaya menjadi pendamping OMK sungguh menjadi profesi (utama) dan bukan sebagai profesi sampingan. Mereka-mereka ini punya nilai lebih, sehingga mereka diharapkan mampu dan mau untuk terus belajar, berpikir kritis-analitis, loyal dalam hal tanggung jawab, berani menanggung risiko, seorang yang visioner, bekerja berdasarkan sistem (ArDas Komkep Provinsi Gerejawi Pontianak – Samarinda 2005-2010), bekerja jejaring dan memiliki kode etik sebagai seorang pendamping.

Para peserta pelatihan memperoleh pembekalan dalam berbagai segi yang meliputi : Religiusitas, Kepemimpinan, Keorganisasian, Profesionalitas, Character Building, Community Building, Maket Hidup, Apresiasi Diri yang diantaranya diwujudkan dalam bentuk kegiatan pengajaran, diskusi sampai kepada kegiatan Outbond di lapangan.

Ketika teman-teman orang muda ini terlibat dalam kegiatan Outbond pada hari Minggu, 14 Oktober 2007, mulai dari Flying Fox sampai dengan memasukkan bola pimpong ke dalam pipa yang harus dirangkai sedemikian rupa, juga saat mengikuti Jalan Salib Hidup, tampak jelas terlihat suasana keakraban, persaudaraan, kerjasama dan saling menolong terekspresikan melalui kegiatan-kegiatan ini.

Sehari sebelum peserta kegiatan berakhir pada malam harinya diadakan Malam Puncak Pembekalan serta keesokan harinya peserta diajak bersama-sama untuk merumuskan Rancangan Gerakan Provinsi Gerejawi.

Jika pada Angkatan Pertama tahun sebelumnya, materi disampaikan oleh para Ketua KOMKEP dari 4 Keuskupan (Keuskupan Agung Samarinda, Keuskupan Banjarmasin, Keuskupan Palangkaraya dan Keuskupan Tanjung Selor), Propinsial MSF Kalimantan dan Perwakilan dari Komisi Kepemudaan KWI, maka untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan pada Angkatan Kedua ini, penyampaian materi sebagian diantaranya telah dibawakan sendiri oleh kaum muda yang pada angkatan pertama kemarin menjadi peserta pelatihan. Di sini mereka benar-benar menunjukkan kemampuannya selaku seorang pendamping OMK.

Pada Angkatan Kedua pelatihan yang bertemakan “Yang Muda Yang Bermisi” ini jumlah peserta yang terlibat sebanyak 23 orang peserta dari 4 Keuskupan. Pelatihan ini dihadiri oleh Mgr. Hardjosusanto, MSF (Ketua KOMKEP KWI), Pastor Gregorius Syamsudin, MSF, Pastor Antonius Juned Triatmo, Pr dan Pastor Agustinus Dodik Ristanto, CM.

Untuk pelaksanaan pelatihan serupa untuk Angkatan Ketiga tahun 2008 mendatang rencananya akan dilaksanakan di Keuskupan Palangkaraya.

Semoga mereka-mereka yang kini telah kembali ke Keuskupan masing-masing dapat berkiprah dengan jalan menularkan segala pengalaman yang mereka dapatkan dalam pelatihan ini di Keuskupan mereka, atau minimal di paroki dimana mereka berdomisili dan tinggal…

Disadari maupun tidak, orang muda dengan berbagai dinamikanya selalu dan senantiasa perlu para pendamping yang notabene tidak harus selalu lebih tua usianya dari mereka. Akan tetapi teman-teman seusia mereka pun dapat menjadi pendamping, asalkan mereka telah mempunyai pengalaman dan ada usaha-usaha untuk mempersiapkan mereka menjadi seorang pendamping orang muda. Dan pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk mencetak para pendamping yang siap untuk membangkitkan semangat teman-teman mereka sesama orang muda untuk sungguh menjadi rasul bagi sesama orang muda.

Sampai jumpa tahun depan pada pelatihan yang sama dan semoga pelatihan ini dapat sungguh-sungguh mencapai maksudnya. ”SELAMAT DATANG SAHABAT MUDA, SELAMAT BERKIPRAH KEMBALI DIANTARA KAMI SAHABAT-SAHABATMU INI…”

One response to “Yang Muda Yang Bermisi

  1. suatu perkembangan yang baik Komkep, maju terus sehingga makin merakyat dan menggereja. Bantulah kami kaum muda dari daerah pedalaman karena kami juga sangat merindukan hal tersebut…..

    Billy

    Ritan Baru ( ex Peserta Pendamping kaum muda 2006 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s