Surat Dari Prancis

Pater Prillion MSF sekitar pertengahan bulan November mengirim surat untuk Bung Redaktur MUSAFIR dalam bahasa ibu Pater Pendiri tarekat tercinta kita MSF. Surat ini diterjemahkan kembali oleh Bung MuSaFir ke dalam bahasa Indonesia.

Konfraterku Onchu. Apa kabar?
Sekarang di Chaponost mulai musim salju.Karena ini merupakan pengalaman pertama, maka saya sangat kedinginan. Saya mendengar bahwa renovasi pastoran paroki sudah selesai dan juga bahwa di paroki ada kursus bahasa Prancis bersama nona Fonny. Mungkin kamu juga jadi pengajar yah?

Bagi saya, sekarang ini ada dua problem yang saya hadapi di Chaponost. Pertama, Bahasa Prancis. Khusus untuk saya; hal yang sangat sulit adalah pronociations. Tetapi saya harus belajar bahasa Prancis. Ada begitu banyak konjugasi dan banyak hal menyangkut gramer seperti: waktu lampau (past), future simple, past simple dan lainya. Kedua adalah masalah adaptasi dengan iklim di sini. Bagi saya, iklim atau cuaca di sini sangat dingin.

Di Universitas (group kami) sendiri, saya di minta untuk mempresentasikan keadaan negara kita. Saya sudah memperkenalkan negara kita, khususnya tentang Proklamasi Kemerdekaan. Pada akhir perkenalan singkat mengenai negara kita, saya menyanyikan lagu 17 Agustus 1945 sehingga banyak teman yang memberikan tepukan tangan meriah buatku.
Di Prancis, khususnya di Chaponost, saya tidak dapa membeli barang-barang, karena harga barang dagangan di Chaponost sangat mahal. Yang penting sekarang saya bisa makan makanan di sini.

Terima kasih banyak konfraterku. Sampai jumpa. Namanya juga baru belajar, jadi bila kalimatnya tidak jalan jangan tertawa. P. Prillion, MSF.

Balasan singkat Bung MuSaFir

Ok monfrere, ca ne fait rien. Je crois que tu peut adapter ta vie avec les situations de Chaponost. Je suis tres content, parce que tu sais bien le Francais maintenant, et avec beaucoup des bonheur pour apprendre les nouveau choses. Je te prie tousjours en ma prier. Mon Frere, Que Dieu soit avec toi tousjours.

Tinggalkan Balasan

