Sendawar

Sendawar, Kutai Barat: 10 Paroki 

Sendawar adalah ibukota Kabupaten Kutai Barat salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 33.052 km² dan berpenduduk sebanyak + 149.000 jiwa.

  • Ulu Riam : 9.000
  • Daratan Tinggi  : 100.000
  • Daratan Rendah :  40.000

Secara Geografis Kutai Barat memiliki 3 karakteristik wilayah Ulu Riam (2 kecamatan), Dataran Tinggi (14 kecamatan), dan Dataran Rendah (5 kecamatan).

Sebagai ibukota kabupaten, Sendawar yang mencakup kecamatan Melak dan Barong Tongkok menjadi pusat kegiatan  masyarakat. Di Kutai Barat yang diresmikan sebagai Kabupaten 5 Nopember 1999 kota Sendawar merupakan pusat pemerintahan. Sendawar merupakan terminal utama bagi angkutan darat, udara dan air di kabupaten Kutai Barat. Walaupun fasilitas yang tersedia masih memprihatinkan, setiap harinya puluhan kapal melalui pelabuhan Melak. Alat transportasi  adalah kapal taksi yang menjadi andalan masyarakat di sungai Mahakam. Kapal taksi menjalani rute Samarinda ke Melak dengan waktu tempuh 18 hingga 20 jam.

Barong Tongkok dan Melak

Penduduk Sendawar berasal dari berbagai etnis, sebagian berasal dari Kalimantan Timur atau Kutai Kartanegara, sebagian lagi merupakan pendatang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, bahkan dari pulau lain seperti Sulawesi dan Jawa. Pada umumnya mereka bekerja sebagai karyawan di perusahaan pertambangan dan pengolahan kayu atau berdagang.
Suku dayak yang menghuni tepian sungai Mahakam terbagi atas beberapa etnis. Di daerah hilir sungai Mahakam mayoritas dihuni oleh etnis Dayak Benuaq dan Dayak Tunjung (suku Mgr. Y.Husin MSF alm). Sementara di hulu sungai dihuni oleh Suku Dayak Bahau (suku Mgr.Sului Florentinus MSF, pastor Andy, pastor Huvang, pastor Lukas MSF), Kenyah dan Oheng atau Penihing (pastor Bong MSF). Keanekaragaman etnis ini membuat Kalimantan Timur memiliki wahana budaya yang menarik.

Di Kabupaten Kutai Barat ada Taman Nasional Kersik Luway yang letaknya di Sekolaq Darat, selatan Barong Tongkok. Taman Nasional ini menjadi terkenal karena merupakan habitat berbagai jenis anggrek. Salah satu jenis anggrek yang paling terkenal adalah anggrek hitam atau ceologyne Panduratan. Anggrek ini merupakan salah satu spesies yang sangat langka di dunia. Selain hanya tumbuh di hutan tropis, anggrek ini menjadi sulit ditemui karena berbunga pada musim-musim tertentu. Sebagai daerah “baru” Kutai Barat menghadapi masalah Prasarana dasar wilayah belum memadai (jalan, listrik, telekomunikasi dan air bersih); Kualitas SDM belum memadai dengan perkembangan regional/global; Perekonomian rakyat sebagian besar masih diusahakan secara tradisional.

VISI DAN MISI PEMBANGUNAN KUBAR

Visi: “Terwujudnya Kutai Barat yang terbuka dan masyarakatnya maju berbasiskan kelestarian lingkungan hidup dan adat istiadat, serta budaya leluhur yang dinamis”.
Misi: Menggali dan mengembangkan kearifan tradisional dan teknologi tepat guna lokal guna mendukung pemberdayaan masyarakat; Mengelola SDA secara lestari untuk keberdayaan masyarakat; Mengembangkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang harmonis serta mampu menjamin terciptanya keadilan dan rasa aman bagi semua pihak termasuk para investor; Menyelenggarakan pembangunan wilayah berbasiskan pembangunan perkampungan; Meningkatkan mutu SDM setempat yang berorientasi global; Memperkuat dan mengembangkan kapasitas kelembagaan pemerintah, kelembagaan DPRD dan kelembagaan masyarakat, termasuk kelembagaan masyarakat adat; Membangun prasarana dan sarana dasar sosial dan ekonomi masyarakat; Menciptakan peluang usaha serta peluang kerjasama bagi semua pihak dalam rangka mempercepat pembangunan daerah.

PILKADA 2006

SERBA satu! Begitu rasanya kata yang pas untuk mengekspresikan pasangan Calon Bupati dan Wakilnya, Ir. Rama A Asia dan H. Encik Mugnidin, B.Sc. Betapa tidak, selain posisi Rama sebagai Kubar-1, prestasi pembangunan terbukti berhasil dan sukses. Kini, pasangan ini menggondol lagi angka hoki. Bermula dari pendaftaran Cabup-Cawabup ke KPUD Kubar, Rama-Encik merupakan pasangan pendaftar pertama. Dan, dalam cabut undi yang digelar KPUD di BPU Tanaa Purai Ngeriman, Sendawar, 5 Januari 2006, Rama-Encik lagi-lagi mendapat angka hoki itu. Angka 1, menjadi angka keberuntungan pasangan ini, dan tentu angka keberuntungan bagi seluruh masyarakat Kubar!

Rama berkomentar tentang nomor hoki pasangannya.”Sangaat menarik dan mudah-mudahan itu nomor hoki. Tentu dengan nomor yang bagus itu, nomor satu lagi, tidak sulit bagi para warga pemilih untuk mengingat atau melihat dan mendahulukan nomor satu itu.” Ia dan Encik mengaku sangat puas dengan acara pengundian itu, yang berlangsung sukses dan lancar. Tentu, di hari H tanggal 20 Februari 2006, ingatan akan angka 1 itu akan membawa Kubar ke masa depan daerah yang lebih cerah! “
Sayang untuk Rama dan Encik pada hari H masyarakat memilih nomor urut 3: Thomas-Didik .

ISMAEL THOMAS

 Bupati Kutai Barat

Bupati Kutai Barat ini yang gemar durian dan bilyar berasal dari Melapeh (tgl. lahir 31.01.55). Setelah lulus SMA masuk Bertinianum pada tahun 1973, tetapi tidak melanjutkan dan kembali ke Kalimantan bekerja di perusahaan kayu sebelum kuliah jurusan hukum di Samarinda. Pada tanggal 12.03.80 perkawinannya dengan seorang perawat dari Dirgahayu, Lucy Mayo. Perkawinan mereka diberkati oleh saya di Barong Tongkok. Mereka dapat dua anak laki laki, yang satu cita-cita menjadi pilot, yang kecil masih kuliah di Trisakti. Mari kita doakan agar beliau dalam tugas baru yang penuh tanggung jawab ini dapat menciptakan suatu masyarakat yang sungguh adil, makmur dan sejahtera dengan berkat Tuhan.

(P.Sinnema MSF)
Mantan pastor paroki Melapeh, Long Pahangai dan Barong Tongkok-Sendawar Kutai Barat.

13 responses to “Sendawar

  1. Perhaps you could help me. I understand Sendawar now has an airfield. Is this the same airfield that was known as Samarinda II during the 1940s? Could you help me with a map that indicates the location of the airfield in relation to the river?

    Thanks in advance

    Jos Heyman
    Australia

  2. First time i visit Sendawar i dont thing so i like it because take 12 hours drive from Balikpapan, after i visit Barong and Tering i really enjoy with a lot of jungle and river and small .chess??? all people i meet really nice and peacefully..!traditional Daya amazing for me.
    Thanks and YMY

    Ria
    Balikpapan

  3. Terimakasih…
    Ima sekarang lagi tertarik banget mengenai Dayak Bahau..
    dan Long Hubung..
    Jadi tau deeehhh,,mengingat aku cuma pendatang di Borneo ini.. once ‘gain thanks…

  4. saya merasa sangat senang karena dengan menampilkan berbagai profil dalam sendawar.com ini kita bisa melihat berbagai Etnis2 Dayak maupun tidak,Ulu Riam adalah tempat yang bagus untuk didatangi karena disana tempat yang bagus,tapi sayang sampai sekarang jangkuan untuk keUlu Riam belum banyak.jadi kepada PEMKAB KUBAR yang terhormat untuk men bisa menlihat itu.terima kasih…..

  5. mantaf di KUbar, malam2 mojok di Pemkab… asikk beneh.. Salam buat pak Polisi.. Ayo kita main kejar kejaran malam2.. salam aja buat cewe ngenyan ku.. hehehe.. Maju Kubar Maju Persikubar.. jalanan Ke aco tolong di baikin yahhh… cari tempat mojok baru neh..

  6. Saya adalah putra kutai barat yang berada di daerah lain sangat sedih sekali membaca laporan dan menkoinfo bahwa kutai barat adalah daerah yang masuk kategori daerah terbelakang, lalu pertanyaan saya apa yang telah diperbuat oleh pemerintah setempat untuk membangun kutai barat.

  7. Pemerintah Kubar sedang menggalakkan pembangunan di semua sisi. Dengan visi dan misi yang berlandaskan kepada Ekonomi Kerakyatan, diharapkan apa yang telah dikerjakan dapat menghasilkan dampak positif, baik bagi Pemerintah maupun masyarakat.

    Bagi para Saudaraku yang jauh di sana, pulanglah ke Kubar. Bangunlah daerahmu sendiri. Jangan hanya bertanya dan meminta lebih.

    My God blessed You All.

  8. @budiman
    Iya nih kenyataan memang bener, kubar blm maju bgt, tapi jauh lbh baik dibanding dulu masih gabung kutai. Hav u seen it? (Ripleys :b-liv it ornot)

    @ M costil
    makanya saya gak mau keluar dari my sweet sendawar ni om, dan sebagai wujud pengabdian untuk kubar, doain ya taun dpan saya bisa bikin web independen tentang kubar, all about it (that i know) dibantu temen2
    salam

    J.Suryadi

    @BRT

  9. untuk pemerintah kutai barat kurang perhatian di dalam pendidikan baik itu sekolah SD,SMP,SMA.pendidikan jangan hanya diperhatikan didaerah kota saja tapi menyeluruh.pemuda pemudi sangat berperan penting didalam pembangunan bangsa terutama untuk daerah kutai barat itu sendiri maka dari itu pendidikan sangatlah penting untuk diperhatikan kita bersama baik itu bagi pemerintah setempat maupun bagi orangtua itu sendiri.terima kasih

  10. saya senang skali ngelihat profil kutai barat ,ternyata dr sektor wisata n sejarahnya unik jg yach…ya utk yth pemkab kubar smoga sektor wisatanya lbh dimjkn n dirwt.trima kasih…

  11. majuuuuuu…………kuta baratku!!!!!!!

  12. majuuuuuu…………kutai
    baratku!!!!!!!

  13. sapa bilang KUBAR masih terbelakang
    sekarang mulai berbenah dan jalan mulus
    saya anak KUBAR,saya bangga akan KUBAR

    bagi teman-teman yang senang akan petualangan yang menantang
    datang ke KUBAR
    karna di sana potensi alamnya masih bagus

    salam
    KUTAI BARAT MAJU SELALU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s