MSF Kalimantan

finale1

Provinsi Kalimantan mempunyai 5 Unio (dahulu disebut “Domus”)

Misionaris Keluarga Kudus

Kita, para misionaris Keluarga Kudus, merupakan suatu tarekat religius. Kita membaktikan diri kepada Allah melalui kaul-kaul publik: kemiskinan, kemurnian, dan ketaatan. Kita percaya bahwa Allah telah memanggil kita untuk mengikuti Yesus Kristus dan kita ingin mengambil bagian dalam perutusan-Nya untuk keselamatan dunia. Dibimbing oleh Roh Kudus, kita mewujudkan kharisma-kharisma kita: misi, pastoral panggilan, dan pastoral keluarga. Penjelmaan Sabda Allah dan hidup tersembunyi Keluarga Kudus Nazareth merupakan sumber spiritualitas kita yang tiada habis-habisnya.

Komunitas religius para Missionaris Keluarga Kudus didirikan oleh Pater Jean Berthier, seorang imam Prancis. Dia tergerak untuk mempersiapkan misionaris-misionaris baru bagi Gereja. Sabda kitab suci “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya panenan, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu” (Mt 9,37-38) sungguh menggerakkan hatinya. Pada zamannya, banyak orang belum mendengar pewaartaan mengenai Kristus. Dia berkehendak mempersembahkan sebanyak mungkin misionaris bagi Gereja. Untuk itu, ia mendirikan Kongregasi kita pada tahun 1895.

Konstitusi para Misionaris Keluarga Kudus menuntut para anggotanya untuk menghayati tiga karisma. Kharisma pertama adalah: semua anggota merupakan misionaris dan harus mengarahkan diri “bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita” (Kis. 2,39). Para misionaris yang diutus kepada orang-orang yang jauh memiliki bidang misi yang amat luas. Dari pandangan iman kita, orang-orang yang masih jauh dapat berarti mereka yang hidup di benua-benua lain namun juga mereka yang hidup di negeri sendiri dan jauh dari iman akan Allah dan Kristus. Tiap-tiap propinsi memiliki kewajiban untuk menentukan tugas misi bagi para anggotanya.

Kharisma kedua dari Kongregasi adalah pastoral panggilan gerejani. Ini merupakan kebutuhan mendesak Gereja berhubung panggilan hidup religius berkurang hampir di mana-mana. Di beberapa belahan dunia kekurangan ini muncul dalam wujud yang amat memprihatinkan. Akan tetapi, para misionaris Keluarga Kudus tidak sekedar hanya mencari para calon demi pelayanan gerejawi. Konstitusi mengatakan kepada para anggotanya bahwa mereka juga harus memberi perhatian pastoral khusus dan manusiawi kepada mereka yang sedang bekerja di dalam Gereja.

Kharisma ketiga dari Kongregasi adalah tugas dalam pastoral keluarga. Dengan perutusan ini, para misionaris Keluarga Kudus mengikuti baik Konstitusi mereka maupun panggilan mendesak Paus Yohanes Paulus II pada Kongregasi kita di tahun 1995.

Demi misi di zaman kita, bagi karya pastoral panggilan hidup religius, dan untuk karya pastoral keluarga; kita menemukan orientasi dalam pribadi kudus Yesus, Maria, dan Yosep. Orientasi ini membimbing kita pada misteri inkarnasi Yesus. Bapa telah mengutus PuteraNya ke dunia untuk membawa semua umat manusia yang berkehendak baik pada keluarga besar Allah Bapa Surgawi. Meditasi atas inkarnasi Yesus Kristus serta hidup panjang dan tersembunyiNya di Nazareth merupakan sumber inspirasi bagi kita, Misionaris Keluarga Kudus.

JENJANG-JENJANG PENDIDIKAN IMAM MSF

1. POSTULAT: Para calon (kandidat) yang datang dari SMU (SLTA atau yang sederajad, termasuk yang sudah studi di Perguruan Tinggi dan yang sudah bekerja) pertama-tama harus mengikuti terlebih dahulu masa Postulat di Seminari Yohaninum – Banjarbaru.

Masa Postulat ini lamanya 1 (satu) tahun. Selama masa Postulat para postulan akan mendapatkan materi-materi pendidikan yang biasanya diberikan di Seminari Menengah, al. Pengetahuan Kitab Suci; liturgi Gereja; Sejarah Gereja; Pengetahuan dan pendalaman agama, bahasa Latin, bahasa Inggris, bahasa Indonesia: kecakapan mengarang artikel, dll. Diberikan juga bimbingan rohani dan pembinaan kepribadian.

2. NOVISIAT Masa Novisiat berlangsung selama satu tahun di Salatiga. Selama masa Novisiat ini para novis dipersiapkan untuk nantinya cakap menghayati hidup religius.

 Menjelang selesainya masa Novisiat, setiap novis boleh mengajukan surat lamaran kepada Pater Propinsial untuk diperbolehkan mengikrarkan kaul-kaul kebiaraan: kemurnian, kemiskinan, ketaatan. Setelah permohonan itu dikabulkan, novis yang bersangkutan boleh meneruskan pendidikan di Skolastikat -Yogyakarta.

 3. SKOLASTIKATMasa pendidikan di Skolastikat (program studi S1 Filsafat dan Teologi) berlangsung selama empat (4) tahun. Selama masa empat tahun ini para skolastik (frater yang sudah berkaul sementara) akan menjalankan studi Perguruan Tinggi Filsafat dan Teologi Wedabhakti (FTW) Universitas Sanata Dharma, di Kentungan – Yogyakarta.

 TAHUN ORIENTASI PASTORAL (TOP)

Pada masa Tahun Orientasi Pastoral (TOP) ini, para frater yang lulus program studi S1 akan menjalani latihan pastoral (pastoral training) di tempat-tempat/paroki-paroki MSF (dalam atau luar negeri) yang akan ditentukan. Masa TOP ini bisa berlangsung satu atau dua tahun.

SESUDAH MASA TOP

Setelah selesai menjalani masa TOP, para frater yang menjalani TOP kembali lagi ke Skolastikat untuk melanjutkan studi teologi selama dua tahun (tingkat V dan VI): khusus program studi Imamat.

Bagi frater yang mampu studi lanjut, ada kemungkinan untuk mengikuti program studi S2. Sesudah TOP ada kesempatan untuk mohon mengikrarkan kaul kekal (menjadi anggota tetap).

Selanjutnya untuk para frater tingkat VI yang sudah mengikrarkan kaul kekal, boleh mengajukan permohonan untuk ditahbiskan menjadi diakon dan imam. (bagi Bruder MSF ada pembinaan khusus).

Sebelum frater yang bersangkutan ditahbiskan menjadi imam, biasanya ada waktu beberapa bulan untuk menjalankan masa diakonatnya.

 

 

 

 

74 responses to “MSF Kalimantan

  1. Salam damai dalam kasih TUHAN,
    Apa kabar Pater Sinnema? Wah, rasanya sudah lama sekali kita tidak bertemu dan berbincang, yah???
    Pater, saya selalu merasa senang ketika ada bersama-sama dengan Pater. Pater masih ingat kan ketika kita ngelembur sampai jam 11.00 malam??? Sewaktu mengerjakan slide Mgr. Demarteau yang waktu itu akan dibawa ke Belanda oleh keponakan beliau (Mrs. Monic dan Mrs. Carla)…
    Jujur, saya ingin mengalami masa-masa kebersamaan itu, rasanya indah sekali, bukan begitu?
    Oiya Pater, makasih atas tanggapan sms-nya beberapa waktu yang lalu. Joke2 Pater memang oke, saya sampai tertawa bersama ayah saya waktu itu. Pater ini humoris juga rupanya, hehehe
    Pater, klo ada waktu ke Banjarmasin atau Banjarmasin, tolong beritahu saya yah? Saya akan meluangkan waktu untuk bertemu dan berbincang dengan Pater…
    Udah dulu ya Pater, terimakasih atas perhatian dan kepeduliannya yang luar biasa…
    TUHAN YESUS memberkati, amin.
    Salam manis,

  2. bagaimana kabarnya romo dio? saya yuli, temannya rm. yuli sragen. rm yuli skar sdg menunggu berangkat ke png. minggu lalu saya berkunjung di wisma msf di sunter jakarta. balas ya mo

  3. Hallo, Bung penjaga WEB
    Kapan ya WEB kita ini di update lagi. Rindu nih dengan berita-berita terbaru dari Borneo, tanah air beta.
    Salam hangat untuk segenap konfrater MSF dan para kerabat.

    garin MSF

  4. Untuk P. Prilion MSF, yang sudah lulus dari sekolahnya di Lyon-Perancis, mana itu renungan-renungan selama di Perancis? Bagi-bagilah lewat WEB kita ini. Saya yang belum lulus-lulus ini masih belum bisa diharapkan berpartisipasi memeriahkan WEB tercinta.

    garin msf

  5. Ini pertama kali saya buka WEB MSF Kalimantan. Saya tidak tahu sudah bearpa lama WEB ini tersedia. Berkat telepon Rm. Garin dari Roma, saya tahu baru tahu bahwa kita punya WEB. Ok, kalau saya punya tulisan yang kiranya cocok untuk mengisi WEB ini, pasti akan saya kirimkan.

    Marhar, MSF
    Manila.

  6. Bernadette Diana

    Salam damai Kristus,
    saya tau web ini dari Romo Pieter Sinnema ,saya kenal beliau di Yahoo Messenger,kalau ada yang mau kenal dengan saya, add saya di jeng_d1ana@yahoo.com , saya sudah liat foto2 nya, yang paling lucu, liat foto Romo Pierro yang jubah nya di angkat karna takut kotor, saya belum baca semua, tapi pasti saya luangkan waktu buat baca web ini..buwat Romo Pieter(yang ghak terbiasa di panggil Romo..)terimakasih sudah info ke saya soal web MSF ini…buat juru kunci web ini gut lak buat di hari2 selanjut nya, Tuhan memberkati

  7. Hi,
    bagaimana dengan kabar-kabar aktualnya. kok berita Juli dibaca pada bulan September, Nich.
    Kalimantan yang luas pasti menyimpan banyak cerita dan berita, dari yang konyol hingga yang suci, dari korupsi hingga pelayanan, dan yang awam hingga MSFnya.
    Aku ingin tanya, berapa pekan sekali adanya up date berita?

    IFM MSF

  8. All

    Suksess untuk WEB MUSAFIR ….boleh enggak kapan2 kirim artikel atau sharing dari kaum awam..??? emang berapa bulan sekali sih terbitnya atau update di web? mau dong info2 nya…..Say Hi untuk semua deh…….MSF
    God Bless You All!

    Ria

  9. Dear all.
    Met berjumpa kembali.
    Saya menulis dari Roma. Kebeutlan mendapat kepercayaan dari teman-teman MSF di Kalimantan untuk mendampingi Provinsial mengikuti Kapitel Kongregasi yang ke-12.
    Kami (saya dan Provinsial tiba di Roma tepat jam 6 pagi pada tanggal 28 September. Suatu kebetulan yang berharga karena tanggal 28 September adalah tanggal resmi berdirinya kongregasi MSF, yang didirikan oleh Pater Jean Berthier MS. Beliau mendirikan Kongregasi ini di kota Grave, Belanda, tanggal 28 September 1895.

    Hari Pertama di Roma, diisi dengan berjumpa dengan konfrater di rumah Pusat (Jenderalat), lalu diantar ke Penginapan milik Kongregasi Darah Mulia. Siang hari bertemu dengan beberapa teman MSF dari Indonesia: Rm Risdi, Rm Sulis, Rm Pieter, yang mulai mempersiapkan dekorasi di ruang pertemuan.
    Stelah makan siang, P Garin MSF dan P Paulinus mengantar kami (P.Provinsial dan P Doni) utuk membeli beberapa keperluan untuk Kapitel.

    Demikian sekilas info dari Roma.
    Sampai jumpa dengan berita lain.

    Salam dalam YMY.

    Doni MSF

  10. Salam Keluarga Kudus.
    Para sahabat Berthier, sebuah ajakan kali ini mungkin mengejutkan, tapi akan terbiasa didengar, dan kalau perlu mudah diingat, bahwa Mari kita bekerja sama untuk menggalakkan panggilan menjadi seorang imam atau bruder (khususnya untuk menjadi MSF). Semoga Tuhan Memberkati. Amin.

    erwyn, msf (fr.)

  11. Jesus, Mary, Joseph,
    enlighten us, protect us, save us..Amen
    Sahabat Berthier terkasih, suatu hal yang luar biasa sungguh suatu berkat. Berkat itu kan menjadi nyata jika hati sungguh terbuka untuk menanggapinya. Mari bersama wujudkan suatu keluarga dalam ikatan Keluarga Kudus.
    Salam,
    Alma,MSF

  12. Sahabat Berthier yang tercinta……
    Aku punya cerita yang mungkin bisa membantu kita untuk mulai merefleksikan kembali hidup kita… Tanggal 2 Januari terjadi peristiwa yang mengejutkan…..
    Ketika doa Yesus, Maria, Yusuf selesai didaraskan, sebuah salib duduk yang diletakkan diatas tabernakel Ruang Doa terjatuh. Mama mia…. apa yang terjadi. kejadian ini sungguh mengejutkanku. aku tak menyangka akan terjadi hal yang tak pernah terjadi sebelumnya. Aku sedih, Inikah cara Yesus menegur manusia?? Tuhan…ampunilah kami. Maafkanlah kami yang telah membuat lenganMu tak mampu lagi menahan beban dosa karena perbuatan kami. Bagi sahabat Berthier, kejadian ini mungkin biasa-biasa saja, tapi bagiku… kejadian ini mengingatkan aku akan warta pertobatan yang disampaikan oleh Bunda Maria dari La Sallete, yang memohon agar manusia harus bertobat karena ia tak sanggup lagi menahan lengan anaknya karena beban dosa manusia…. Kejadian ini mengajakku untuk merefleksikan kembali segala tingkah laku yang mungkin saja tidak berkenan dihadapan Tuhan, karena rasa iri hati, dengki, dendam dan sikap “menganggap yang lain sebagai saingan, bukan teman…..”

    Wasalam

    Jonas MSF

    • Dear Frater, saya mencari gambar dari Pierre Jean Baptiste Berthier salah satu pendiri MSF, adakah petunjuk dimana bisa medapatkan? Utk keperluan membuat stainedglass provinsialat, thaks alot

  13. pastor Vut,,saya Alfred( UYET )masih ingat kan,bagaimana kabarnya Pastor,saya sangat senang karena bisa banyak berbicara tentang seminari sama Pastor,karena emang itu adalah keinginan saya untuk menjadi pelayan bagi umat,melayani adalah hal yang saya impikan..Pastor,dimana pu pastor ada sekarang,,saya Alfred mengucapkan selamat bertugas ditempat sekarang,dan jangan lupa kalau bisa datang keTERING lagi ya Pastor,,kami segenap Keluarga MUDA KATOLIK tering..Tuhan Memberkati Pastor dan semuanya

  14. Salam Keluarga Kudus. Untuk Konfraterku, (para frater msf provinsi Kalimantan). bagaimana kabar? wah, senang ya hari ini bisa terbang kembali ke Banjarbaru. Semoga penerbangan kalian dari Jogja ke Banjarbaru menyenangkan hati (seperti pengalaman saya dan teman-teman 1 tahun yang lalu ke Balikpapan untuk mengadakan aksi panggilan).
    Sukses selalu, dan selamat ber-aksi panggilan. bawalah sekian banyak anak muda (tua juga boleh) ke dalam “aksi” kalian. Semoga perjuangan dan persiapan kalian tidak sia-sia. Tuhan memberkati.Amin.

  15. boleh tahu alamat email romo prilion ndak ya …

  16. Agustinus Wahyu C

    Kalau Rm. Prilion sedang kotbah bikin orang ketawa deh, aku seneng kalau beliau lagi kotbah, kalau duduk disuruh didepan suruh maju …., Ok deh….

    Rm Alamat Email kamu apa sih, tolong ya di email ke alamat email aq di wongndesa@gmail.com, cahyo_minggir@yahoo.co.id
    Bagi siapa saja yg tahu tolong di email ya ..

  17. Hai salam kenal semua untuk pastor2 MSF. saya dah lama ga jumpa dengan pastor Leonardus (Iie), MSF. mudahan romo ada baca web saya ini.
    Untuk romo2 MSF kalimantan : Rm. Darma kusuma, MSF (romo babtis saya) udah lama juga tidak jumpa heheheh.
    mgkn ada yang bisa kasih info rm. Rinoto, MSF sekarang tgs di mana ya?

  18. Info utk Hendrik, Rm. Rinata sekarang bertugas di gereja St. Paulus, Jl. dr. Muwardi No. 7, Semarang – Jawa Tengah

  19. Info untuk Hendrik,
    Yang nulis ini saya sendiri. Sekarang saya tugas di paroki St. Paulus, jln. Dr. Muwardi 7, Semarang.

    Berita baru: Hari ini berlangsung missa Kudus PESTA EMAS bagi Rm. Theodorus Widagdo MSF di kapel Wisma Bethlehem, jln. Cemara, Salatiga jam 10:00 tgl. 27 Juli 2008. Dalam kotbahnya beliau mengungkapkan rasa syukurnya karena ‘Tuhan Setia’ dan Tuhan sendiri yang menjadikan beliau ‘man of God’.

    Rinata MSF
    Semarang

  20. Untuk Rm. Erwyn MSF,
    kemarin tgl. 26 Juli 2008 di Sendangguwa berlangsung misa kaum muda yang dilanjutkan dengan Pentas Seni. Sedang tgl. 25 Juli 2008 yang lalu ada missa akbar anak-anak dan remaja dari berbagai macam sekolah katholik sekevikepan Semarang. Ada sekitar 7.000 anak memadati GOR Jatidiri Semarang.

    Salam dari umat dan para romo dan frater di Sendangguwa untuk rm. Erwyn MSF. Saya masih tetap Santai, Pasrah n senyum.

    Rinata MSF
    Semarang

  21. apakah MUSAFIR menerima konsultasi iman lewat e-mail?
    saya umat katolik di kalimantan barat, pontianak.thx GBU

  22. perkenalkan saya dari admin http://www.imankatolik.or.id memohon bantuan tulisan/artikel dari para awam (lisensi katekis dari keuskupan), frater, romo sekalian untuk mengisi website kami http://www.imankatolik.or.di

    adapun materi yg belum tersedia mengenai sakramen dan Allah Trintunggal.

    salam
    Thomas Rudi

    Admin
    http://www.imankatolik.or.id

  23. Pastor P.Sinnema MSF

    MISIONARIS KELUARGA KUDUS

    Kita, para misionaris Keluarga Kudus, merupakan suatu tarekat religius. Kita membaktikan diri kepada Allah melalui kaul-kaul publik: kemiskinan, kemurnian, dan ketaatan. Kita percaya bahwa Allah telah memanggil kita untuk mengikuti Yesus Kristus dan kita ingin mengambil bagian dalam perutusan-Nya untuk keselamatan dunia. Dibimbing oleh Roh Kudus, kita mewujudkan kharisma-kharisma kita: misi, pastoral panggilan, dan pastoral keluarga. Penjelmaan Sabda Allah dan hidup tersembunyi Keluarga Kudus Nazareth merupakan sumber spiritualitas kita yang tiada habis-habisnya.

    Komunitas religius para Missionaris Keluarga Kudus didirikan oleh Pater Jean Berthier, seorang imam Prancis. Dia tergerak untuk mempersiapkan misionaris-misionaris baru bagi Gereja. Sabda kitab suci “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya panenan, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu” (Mt 9,37-38) sungguh menggerakkan hatinya. Pada zamannya, banyak orang belum mendengar pewaartaan mengenai Kristus. Dia berkehendak mempersembahkan sebanyak mungkin misionaris bagi Gereja. Untuk itu, ia mendirikan Kongregasi kita pada tahun 1895.

    Konstitusi para Misionaris Keluarga Kudus menuntut para anggotanya untuk menghayati tiga karisma. Kharisma pertama adalah: semua anggota merupakan misionaris dan harus mengarahkan diri “bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita” (Kis. 2,39). Para misionaris yang diutus kepada orang-orang yang jauh memiliki bidang misi yang amat luas. Dari pandangan iman kita, orang-orang yang masih jauh dapat berarti mereka yang hidup di benua-benua lain namun juga mereka yang hidup di negeri sendiri dan jauh dari iman akan Allah dan Kristus. Tiap-tiap propinsi memiliki kewajiban untuk menentukan tugas misi bagi para anggotanya.

    Kharisma kedua dari Kongregasi adalah pastoral panggilan gerejani. Ini merupakan kebutuhan mendesak Gereja berhubung panggilan hidup religius berkurang hampir di mana-mana. Di beberapa belahan dunia kekurangan ini muncul dalam wujud yang amat memprihatinkan. Akan tetapi, para misionaris Keluarga Kudus tidak sekedar hanya mencari para calon demi pelayanan gerejawi. Konstitusi mengatakan kepada para anggotanya bahwa mereka juga harus memberi perhatian pastoral khusus dan manusiawi kepada mereka yang sedang bekerja di dalam Gereja.

    Kharisma ketiga dari Kongregasi adalah tugas dalam pastoral keluarga. Dengan perutusan ini, para misionaris Keluarga Kudus mengikuti baik Konstitusi mereka maupun panggilan mendesak Paus Yohanes Paulus II pada Kongregasi kita di tahun 1995.

    Demi misi di zaman kita, bagi karya pastoral panggilan hidup religius, dan untuk karya pastoral keluarga; kita menemukan orientasi dalam pribadi kudus Yesus, Maria, dan Yosep. Orientasi ini membimbing kita pada misteri inkarnasi Yesus. Bapa telah mengutus PuteraNya ke dunia untuk membawa semua umat manusia yang berkehendak baik pada keluarga besar Allah Bapa Surgawi. Meditasi atas inkarnasi Yesus Kristus serta hidup panjang dan tersembunyiNya di Nazareth merupakan sumber inspirasi bagi kita, Misionaris Keluarga Kudus.

  24. hai salam kenal

    boleh tau romo Amel sekarang berkarya dimana?
    saya anak didik romo untuk menjadi lektor ketika saya mengenyam pendidikan di SMU PL Van Lith Muntilan.
    masih kenal dengan saya romo?

  25. dear pengelola woodpress msfmusafir yang terkasih dalam Kristus Yesus

    perkenalkan kami dari website http://www.imankatolik.or.id menawarkan share Kalender Liturgi harian, dengan code html sbb :

    hasilnya bisa dilihat atau bisa buka http://imankatolikgerejakatolikagamakatolik.blogspot.com/

    semoga membantu,
    salam dan doa

  26. Buat redaksi Musafir yang cakep2, saya mo komentar dikit, boleh dong about “Musafir Magazine”. Wah . . . info yg saya peroleh mll web ini sangat menarik lho apalagi bagian humor tuch lumayan seru, but kalo bisa disertai penulisnya dong, spy pembaca juga tahu dan bisa diolok abissss. Thanks and God Bless You All . . .

    • Thanx bangetsss buat “MSFMUSAFIR” krn di bagian HUMOR sudah ada tercantum nama penulisnya sehingga para pembaca HUMOR bisa ngucapin “Matur Nuwun” buat penulis humor. Semoga Kasih Tuhan senantiasa menyertai Redaksi MSFMUSAFIR dalam tugas penggembalaan. Thanx n tetap semangat!!!

  27. dengan adanya website ini smga tambah maju aja deh MSF…
    tambah banyak pekerja di ladang Allah khususnya MSF….
    yang bagi saya lebih pas berada di ladang Kalimantan yang memang menbutuhkan para misionaris…..
    salam buat Rm. Erwin ya…..kapan ngamen lagi, buat bantu Tanjung selor…..

  28. Tolong saya ingin mencari teman saya yang menjadi pastor MSF, dulu pernah dinas di Muara Kapuas,
    Nama kecil Sutardjo
    Lulusan STM Mikael Solo.

    Nama setelah ditahbiskan
    Pastor Siswosumarto MSF

    Sekarang ada dimana?

    dari teman di Solo

    Pak Tjahjono
    Pengajar di STM Mikael Solo.

  29. Mungkin di sini saya yang tidak berguna ini bisa menghaturkan terima kasih saya yang tidak terperi kepada Rm. Teddy MSF di Banjarbaru atas dukungan dan penjagaan Anda yang mulia sehingga kedua anak saya yang masih kecil-kecil dan tidak berdaya bisa kembali pulang ke Jawa dengan selamat di pertengahan 2006.

    Juga saya mohon lautan maaf kepada Anda, Rm. Teddy, atas kerepotan yang sangat tidak menyenangkan itu. Saya hanya mampu memohon pada Bapa di surga untuk melimpahi semua berkat kepada Anda

  30. Selamat malam untuk semua pecinta Musafir di mana saja berada….

    Selamat menikmati romansa indah yang disajikan Majalah Musafir ini…

  31. Iwan Yamrewav….. di ladang manakah engkau menuai panenan???

  32. sepertinya masih ada yg kurang ya…..kenapa keuskupan Tanjung Selor belum ada beritanya di artikel pilihan….apakah tidak ada yg menarik untuk dipaparkan atau dishare kepada kita pembaca setia…….saya tunggu ya……

  33. p.jos.voegtli,msf webmaster CH

    Link > Schweiz = http://www.missio-msf.com

    ……ch > …com !!

  34. paroki kristus raja genteng

    mohon info alamat rm. matius sumarno, asal dari paroki Kristus Raja Genteng… panitia HUT ke 40 Paroki Kristus Raja Genteng ingin beliau menulis pesan dan kesan tentang Paroki Kristus Raja Genteng..pm di poetraiumi@yahoo.com

  35. selamat berkarya utk semua pastor MSF! semoga makin maju dan tetap semangat selalu, biar anak2 kecil en para remaja makin terpanggil menjadi imam2 MSF! salam buat pastor Bambang Sumartejo MSF, proficiat udah 25th hidup jd imam, teruskan sampai ajal menjemput! ini adikmu yg di malang, doa kami menyertai, salam dr Marcellino, ponakanmu yg nakal tp mau jd pastor lho….Tuhan memberkati!

  36. Salam Keluarga Kudus, Selamat bertemu P. Sinnema, MSF. Apa kabar “Musafir” Pastor? Apa Kabar Pastor di Balikpapan? Semoga sehat selalu. Kebetulan di Kantor sudah ada Internet, makanya bisa “bertemu” kembali dengan Musafir. Buat Musafir, semoga tetap hidup dalam naungan Keluarga Kudus Nazareth.
    Salam,
    Erwyn.

  37. Saya mempunyai teman sewaktu sklh di SMA St. Yosef Solo 1971-1973 bernama Liem Cay Sien dan sdh 36 th tdk jumpa. Baru2 ini sy cari kermhnya di Solo sdh pindah, dan kabarnya masuk Seminari di Malang dan menjadi seorang Pastor yg saat ini bertugas di Kalimantan. Sayangnya tdk tahu ordo apa….Mohon informasi bagi yang mengetahui teman SMA saya tsb, saya kangen untuk bertemu. Terima kasih.

    • Pak Johnny, Pst Niko, OMI (Liem Cay Sien) adalah Pst pembimbing ME kami dan yg mempermandikan putra kami saat kami tinggal di Balikpapan. Sekarang beliau berkarya di paroki Panajam- Kalimantan Timur.

  38. Saya berkeinginan menjadi anggota MSF, bagaimana caranya, apa persyaratan yang di butuhkan??

  39. saya berkeinginan untuk menjadi anggota MSF…bagaimana caranya dan apa saja persyaratan yang di butuhkan??

  40. Selamat Natal & Tahun Baru, terlambat!!!…semoga sehat dan tetap setia. Untuk Rm. Erwyn MSF di mana skrang???????

  41. Halloooo semuanya,,,,
    Salam Yesus, Maria, dan Yusuf,,
    Tak terasa denyut nadi ini terus bergelora dan membara. Memori terupadate bagaimana kabar Postulat Johaninum dan konfrater. Kapan-kapan boleh numpang mandi bila ke Banjarbaru,
    Salam hangat Partono Yohanes

  42. RIP
    Pencinta Musafir dimanapun anda berada, dengan penuh duka, kami beritahukan kepada anda semua, bahwa pada tanggal 10 September 2011, Pengasuh rubrik, dan web master musafir, Pastor Piet Sinnema MSF telah dipanggil Tuhan dalam usia 68 tahun di Australia. Jenasahnya akan diperabukan dan akan dimakamkan di pemakaman para imam, biarawan biarawati Sungai Siring, Samarinda. Mohon doa segenap pencinta musafir agar almarhum memperoleh belas kasih Allah untuk segala dosanya, dan dianugerahi kehidupan kekal karena jasa Kristus yang wafat dan bangkit untuk semua orang beriman. Terima kasih atas doa anda semua, berkat Tuhan.

  43. Riwayat Hidup Almarhum Pastor Piet Sinnema MSF:Pastor Piet Sinnema MSF, lahir di Duivendrecht, Belanda, pada tanggal 04 November 1943 dari kedua orang tua yang bernama: P.N.J.K. Sinnema dan ibu J. H. M. Sinnema – v.d. Veer; dilahirkan sebagai anak pertama dengan kedua adik.
    Masa pendidikan:
     September 56 – 63 : Gymnasium di Kaatsheuvel, Belanda.
     September 63 – 64 : Novisiat di Grave.
     September 64 – 65 : Filsafat di Kaatsheuvel dan Tilburg, Belanda
     September 67 – 69 : Teologi di Goirle dan Tilburg, Belanda
     September 69 – 70 : Pastoral di Goirle dan Tilburg.
    Pastor Piet mengucapkan kaul pertama sebagai biarawan dalam tarekat Para Misionaris Keluarga Kudus, pada tanggal 08 September 1964 di Grave.
    Mengucapkan kaul kekal, pada tanggal 08 September 1967 di Goirle, Belanda.
    Ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 27 Juni 1970 di Duivendrecht, Belanda, oleh Yang Mulia Bapak Uskup, Keuskupan Samarinda saat itu, Mgr. J. Romeyn MSF. Dan setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 21 Januari 1971, beliau mendapat tugas perutusan dari Provinsi MSF Belanda untuk pergi ke tanah misi Indonesia, tepatnya di Kalimantan Timur. Menjadi Warga Negara Indonesia, Pada tanggal 06 Februari 1982.
    Tempat-tempat karya Pastor Piet Sinnema MSF:
     1971 – 1973 : Pastor Pembantu di Melapeh, bertempat di Pastoran Tering.
     1973 : Pastor Pembantu di Hulu Riam, bertempat di Pastoran Tiong Ohang
     1974 – 1975 : Pastor Paroki Melapeh, sambil membantu Barong tongkok dan Balikpapan
     1976 – 1992 : Pastor Paroki Hulu Riam
     1992 – 2005 : Pastor Paroki Kristus Raja, Barong Tongkok
     2005 – 2011 : Pastor rekan di Paroki St. Theresia Prapatan, Balikpapan.
    Setahu saya, Pastor Piet Sinnema MSF menjadi Pastor Paroki yang paling lama di Paroki Hulu Riam, sekarang masuk Kabupaten Kutai Barat, yaitu selama 15 tahun. Pastor yang menyandang nama Bahau Busang Himang Juk, ini sangat berjasa dalam mengembangkan karya pelayanan pastoral di tengah umat Dayak Bahau.
    Desa Long Lunuk di Kecamatan Long Pahangai, boleh dikatakan menjadi desa yang sangat dicintai almarhum. Di desa ini, Pastor Piet membangun sebuah kompleks Gereja Stasi yang memadukan unsur budaya suku Dayak Bahau Busang dan Dayak Bahau Long Gelat. Pastoran dibuat mengadopsi rumah besar, atau Amin Ayaaq Dayak Bahau Busang, dan Gereja dari Amin Ayaaq Long Gelat.
    Cita-cita almarhum menjadikan pusat pastoral di Desa ini, karena sangat strategis letak geografisnya. Ke hulu menjangkau Kecamatan Long Apari, dan desa disekitarnya, dan ke Hilir, menjangkau kecamatan Long Pahangai dengan desa di sekitarnya. Di pusat ini, Pastor Piet mengendalikan Yayasan P3 R, Yayasan pendidikan milik Keuskupan Agung Samarinda, dan Pastor Piet dipercaya menjadi Perwakilan di Hulu Riam meliputi 8 Sekolah Dasar Katolik yang ada di Hulu Riam. Long Lunuk memiliki lapangan pesawat terbang dan sebuah kantor pos dimana, Pastor Piet sering meminjam uang untuk gaji guru-guru dan menyimpan atau mengirim uang tabungan milik umat yang masuk anggota. Jasa-jasanya memang tidak pernah bisa dihitung. Hidup dan pengabdian yang dicurahkan bagi umat di pedalaman sungguh bisa dirasakan oleh umat di Hulu Riam. Sayangnya, beliau selama itu, tidak pernah tahu bahasa Bahau Busang, kecuali mengucapkan “jian” dan “ai”; “TIDAK” dan “YA”; dan yang tidak pernah boleh dilupakan, “Kuman” – “makan”.
    Pastor Piet Sinnema wafat di Australia pada tanggal 10 September 2011, dan diperabukan pada tanggal 15 September 2011 juga di Australia. Selamat Jalan Pastor Piet..semoga Tuhan kita Jesus Kristus yang menjadi jalan, kebenaran dan hidup, menerangi dan menuntun Pastor juga ke Firdaus. Lukiskan kami Firdaus yang membahagiakan itu di tempat Pastor berada.
    Banjarbaru, 15 September 2011
    Ditulis oleh P. Stanislaus Maratmo MSF.

  44. Andreas Angelus Maryanto

    JABAT TANGAN TERAKHIR

    Tidak terbesit dalam anganku ketika berjabatan tangan dengan Pastor Piet. Sinnema, MSF saat itu seraya terucap,”Selamat jalan Pastor, semoga bergembira menikmati liburan bersama keluarga di Australia”. Jawabnya dengan senyum,” Ya …. terimakasih, nanti sepulang dari Australia – apa sudah dapat dimulai Majalah Paroki ?”. Jawabku singkat, “Siap Pastor”.
    Manusia merencana, Tuhanlah yang menentukan. Begitulah gumamku ketika membaca SMS dari sekretaris DPP Santa Theresia yang mengabarkan bahwa Pastor Piet. Sinnema, MSF telah berpulang. Selamat Jalan Pastor, semoga di tempat yang membahagiakan itu tetap terjalin relasi dengan kami yang masih berziarah. Amin.

  45. Hari ini Tanggal 30 September 2011 Pastor Sinemma MSF menuju tempat peristirahatan di Sei. Siring…Selamat jalan Pastor Pieter Sinemma MSF…..Semoga semua karya pastor selama ini menjadi pioner bagi kita semua untuk berbuat lebih banyak demi Pewartaan Kerajaan Allah….AMIEN

    • Sadari Nova yang baik,
      Terima kasih perhatian dan doa anda bagi konfrater kami. Pater Pier Sinnema MSF. Benar, kita diberi tugas untuk melajutkan karya beliau. Siapa tahu, itu lewat diri anda ! Berkat Tuhan untuk anda..

  46. Kepada semua pemerhati dan pencinta Almarhum Pater Piet Sinnema MSF yang telah mendoakan dari sakit hingga meninggalnya belilau, dan menghantar beliau ke tempat peristirahatan terakhirnya di Sungai Siring, Samarinda, tgl 30 September 2011, kami segenap konfrater dari Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF) Kalimantan menghaturkan banyak terima kasih. SEmoga amal, budi dan kebaikan saudara-saudari diberkati oleh Allah Bapa di Sorga. IN YMY

  47. hmmmm..try to join in this musafir wweb…..hehehe…

  48. Kapan ya beritanya di update lagi, apalagi berita wafatnya pastor Willybald MSF yang baru 40 hari yang lalu meninggalkan kita semua. Saya tunggu infonya ya………

    • Saudari Cicilia yang baik,
      Terima kasih atas perhatian anda untuk Almarhum konfrater kami, Pater Willibald Pfeuffer MSF yang telah dipanggil Tuhan beberapa bulan yang lalu. Yang jelas, beliau adalah seorang Gembala yang sangat baik dan murah hati. Berkarya cukup lama di Paroki Sampit, Keuskupan Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Proyek karitatif almarhum adalah di Palangan, sebuah kecamatan di Kalimantan tengah juga. Di desa kecil ini menyimpan banyak kenangan indah karya-karya beliau untuk orang kecil, khususnya kaum petani dan pelayanan untuk oang sakit. Karena itu tidak mengherankan ketika jenasahnya dibawa dari Gereja St. Joan don Bosco Sampit ke Palangka Raya, banyak umat dari Kota Besi, bahkan dari Palangan datang berbaris di tepi jalan menyampaikan lambaian perpisahan “Selamat Jalan” di tempat keabadian. Sungguh suatu peristiwa yang sangat mengharukan !

      Semoga karya beliau selamat di Sampit dan sekitarnya terukir indah di hati setiap umat yang dilayaninya, dan kita percaya di Sorga, beliau masih setia mendoakan umatnya, gereja Kristus, sebagaimana dilaksanakan dengan tekun dan rajin ketika beliau masih mengembara di dunia ini. Selamat beristirahat Pastor…!

  49. Saya berminat untuk bergabung dengan kongregasi MSF, tapi kira-kira syaratnya apa saja yah?

    Terima kasih.

  50. Sdr. Christian yang baik,
    Terima kasih atas pertanyaan anda.
    Syarat-syarat masuk Kongregasi MSF adalah:
    1. Sudah lulus SLTA/ Sarjana/ akademi
    2. Membawa Surat baptis dan Krisma dari Paroki
    3. Menyerahkan Surat Rekomendasi dari Pastor Paroki
    4. Menyerahkan Ijasah kelulusan sesuai dengan jenjang pendidikan.
    5. Mengikuti test wawancara dengan Pembimbing/ Direktur Postulat di Seminari Johaninum untuk Propinsi MSF Kalimantan, atau Seminari Berthinianum – Salatiga untuk Propinsi MSF Jawa.
    6. Mengikuti test tertulis: bahasa Indonesia, bahsa Inggris, Agama Katolik, Pengetahuan umum dan test IQ.
    7. Membuat surat permohonan masuk Postulat kepada Direktur Seminari sesuai Propinsi mana yang anda pilih: Jawa atau Kalimantan.
    Demikian syarat-syaratnya, mungkin selengkapnya bisa minta informasi ke Alamat MSF yang ada di Indonesia. Sekian, semoga bisa menjawab pertanyaan anda. Berkat Tuhan in YMY.

  51. Untuk Prov Jawa apa punya web sendiri?
    n skolastikat di malang itu ikut prov jawa apa prov kalimantan?

  52. christian beren

    ada tidak no. HP yg bisa sya hubungi jika saya ingin mendaftar soalnya saya tinggalnya di sulawesi bukan di kalimantan?

    terima kasih.

    • Sdr. Christian Beren, No telpon yang bisa dihubungi adalah 0511 477.8167.
      Mohon maaf baru dibalas ! atau ke 08125810344, demikian terima kasih, semoga panggilan anda tidak redup, sebab masih ada waktu,

  53. Sebelumnya saya mengucapkan salam persaudaraan.
    Pater saya ingin masuk MSF. Tapi kami tdak tahu prosedurnya bgai mana.
    Masi banyak yang saya harus tanya pada pater. Oleh karena itu sya mohon dgn renda hati untuk menelpon saya di no 081246707532. Sya tdak bisa tlpn pater karena tidak ada nomo. Trima kasih.

    • Yth. Sdr. Robertus Boni, maaf baru dibalas, anda bisa baca syarat-syarat masuk MSF seperti tertulis di atas ! Lalu, silahkan hubungi saya lewaat SMS dulu saja ke no. 08125810344, semoga anda membaca kembali situs ini, terima kasih ! Semoga panggilan anda tetap berkobar karena rahmat Tuhan dan doa Keluarga Kudus Nazareth. Berkat Tuhan.

  54. Apakah diizinkan pemirsa berkirim tulisan ke media ini, dan apa saja syaratnya? Bilakah ada rambu-rambu tertentu yang harus dipenuhi oleh pengirim artikel?

    Atas kesempatannya kami ucapkan terimakasih.

  55. Minta informasi dimana Romo Aloysius Karyadi Darmokusumo Msf sekarang berkarya, kami umat dari pati merindukannya

  56. Saya Elisabet Bui Kia, saya tinggal di Bekasi Jawa Barat, saya mencari adik saya yang bernama Thomas Ola Sira yang lahir pada tanggal 14 Juni 1977 berasal dari Flores, berita terakhir yang saya dengar adik saya sedang menjalani pendidikan untuk menjadi misionaris, biaranya ada di Banjamasin, tapi sayangnya saya tidak mendapat berita dari ordo mana, bagi siapa saja yang membaca tulisan saya ini terutama para misionaris MSF tolong kabari saya kalau ternyata adik saya yang saya sebutkan diatas adalah salah satu anggota MSF, saya yakin dan percaya Tuhan akan membalas segala budi baik saudara. GBU

  57. Romo, boleh saya dapatkan no telp atau hp pastor Stenley MSF ???

  58. eddy Gunawan susila

    cukup informatif…sayangnya tidak update…..kalau dapat masukkan foto/data lengkap pastor MSF yang berkarya dikalimantan

  59. vincent wangsataruna

    Salam, romo.
    Apakah benar para frater msf provinsi Kalimantan kuliahnya tidak lagi di jogja, tapi di malang?
    Mohon infonya..

  60. bagaimana dengan biaya hidup di biaranya kira-kira berapa ya

  61. Marianus Daton Buran

    Saya Marianus Daton Buran, pernah belajar di Seminari Berthinianum Salatiga pada tahun 1995….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s