PACARAN BEDA AGAMA, MENGAPA DIBICARAKAN?

 Biasanya, dalam tahap pacaran, pemuda dan pemudi kurang memikirkan soal agama, yang penting cinta. Akan tetapi, hal ini sangat tergantung dari pendidikan dan kebiasaan dalam keluarga.

Para pemuda-pemudi yang berpacaran, merasa bahwa segalanya berjalan seperti adanya, dibiarkan mengalir, dan menikmati saja dulu hubungan pacaran mereka. Dalam banyak hal, justru ketika pacaran mulai lebih serius, pembicaraan mengenai agama, keluarga, dll, menjadi lebih intensif.

Pebedaan agama bukanlah hal remeh dalam relasi pemuda-pemudi yang memutuskan untuk berpacaran, sejauh mereka menyadari bahwa pacaran mereka bukanlah sesuatu yang melulu “main-main” dan “asal dinikmati”.

Dalam masa perkenalan, ketika pacaran mulai menjadi serius, soal agama mesti menjadi bahan pembicaraan bersama. Tujuan pembicaraan bersama bukanlah untuk semata-mata mencari persamaan, atau mencari jalan bagaimana salah satu ikut dalam agama pacarnya. Pembicaraan justru mau membuka cakrawala berdua bahwa kehidupan yang akan mereka jalani bersama mempunyai beban dan PR yang jelas, bahwa agama kita berbeda!

 

 

Pembicaraan ini justru paling logis dibicarakan kalau pasangan ingin melanjutkan hubungan ke arah yang lebih jauh. Menyamakan dan mengabaikan masalah agama sama saja memasukkan diri dalam pencobaan yang lebih menyakitkan seandainya kelak bersatu dalam hidup berumah tangga.

Mengapa harus dibicarakan?


Perbedaan di antara setiap agama, akan tetap menjadi perbedaan dan selama-lamanya begitu. Tetapi hal ini tidak sama dengan pengertian bahwa agama mesti memisahkan. Perbedaan itu dapat mungkin disatukan kalau kedua orang saling mengerti, memahami dan mengenal perbedaan kemudian memutuskan untuk saling menghormati. Tetapi hal ini selalu menjadi tugas berat kalau kedua pihak selalu mempermasalahkan dan mencari pembedaan dan bahkan saling menjatuhkan keyakinan pasangannya.

Pembicaraan mengenai agama memang kadang terasa mengganggu. Hal ini benar kalau dikatakan di awal pacaran. Akan tetapi, merupakan suatu konsekuensi kalau pada beberapa waktu sesudahnya pembicaraan mulai mengarah ke hal beda agama itu, karena memang itu akan dihadapi berdua, baik selama pacaran, maupun kemudian kalau akhirnya memilih hidup bersama dalam lembaga perkawinan.

Pembicaraan mengenai agama bukanlah suatu tuntutan, melainkan membuka mata pasangan yang berpacaran bahwa sejak semula perbedaan itu ada. Penyadaran dari awal perkenalan adalah wajar sebagai bentuk hubungan yang sehat dan dewasa.perbedaan yang dibicarakan dan akhirnya diterima merupakan bentuk kesepakatan untuk saling menghormati dan selanjutnya tidak mempermasalahkan perbedaan itu sebagai alasan untuk bertengkar atau berpisah.

 

 

 

 

Apakah tidak ada risiko pacaran beda agama?
Risiko baru ada ketika relasi antara pasangan yang berpacaran kemudian melanjutkan ke jenjang yang lebih jauh, perkawinan, karena pacaran tidak pernah menuntut untuk menanggung risiko tekanan dari keluarga, tekanan karena telah mempunyai keturunan, atau tekanan publik (karena risiko bercerai, berpisah,dll). Pacaran akan selalu dipandang sebagai tahap untuk mencocokkan dan mencari, bukan untuk memilih secara definitif. Resiko baru muncul kalau rambu-rambu dalam berpacaran dilanggar dan dinodai dengan perbuatan yang belum boleh dan akhirnya berakibat fisik dan sosial, yaitu hamil. Selain itu, pacaran akan menjadi tekanan kalau dinodai oleh hubungan seks yang mengharuskan,misalnya pihak perempuan, untuk tidak dapat memilih yang lain, karena sudah dengan laki-laki yang pernah berhubungan intim dengannya. Artinya, seorang dipaksa memilih karena sudah kepalang basah.

Akibat dari pelanggaran aturan main pacaran ini pada semua pasangan dan khususnya pada pasangan beda agama adalah keharusan untuk memilih sesuatu yang belum tentu dapat menguntungkan dan membahagiakannya. Pilihan karena terpaksa sering pada akhirnya akan berbuah pemaksaan-pemaksaan berikutnya. Ini yang perlu dipertimbangkan dari semula.

Apa yang mesti diketahui, secara rohani, kalau terpaksa beda?
Ini semacam pertimbangan minimal yang terpaksa diberikan. Akan tetapi melihat kenyataan situasi kita, mungkin ada baiknya dipikirkan beberapa hal ini.1. Semua agama sama
Pandangan seperti ini menyesatkan, apalagi kalau dikaitkan dengan seseorang yang sedang menjalin cinta dengan orang beda agama. Semua agama mempunyai kekhasan dan ciri-cirinya sendiri yang jelas membedakan cara orang berelasi dengan Tuhan.Agama memang sering diturunkan dari orang tua, tetapi mudahkah kita menghilangkan atau mengubah apa yang sudah kita pahami sebagai benar dan apa yang selama ini paling cocok dengan irama hidup kita? Beda cara beda pula rasa keagamaannya.

Apakah kita dapat dengan mudah menyembah patung Buddha kalau sebelumnya mengenal pun tidak? Atau mudahkan bagi kita menerima kebiasaan sholat dalam waktu-waktu tertentu sepanjang hari? Itu yang paling mudah? Yang lain, yang lebih mendalam adalah apakah mudah bagi kita meninggalkan sesuatu yang selama ini kita percaya telah memberi segalanya bagi kita, seorang pribadi, yaitu Yesus Kristus?

2. Di luar Gereja ada keselamatan
Pandangan ini sering disalahartikan sebagai boleh berpindah-pindah ke agama manapun tanpa perlu merasa bersalah. Secara hukum memang demikian, tetapi apakah selama ini cara hidup beragama kita tidak lebih dari menjalankan formalitas, aturan dan hukum saja? Apakah kita tidak pernah merasakan suatu hubungan mendalam dengan Tuhan kita melalui cara khas kita sebagai orang Katolik?Apakah selama ini hidup beragama kita sebatas melanjutkan kepercayaan orang tua dan hanya itu? Kalau demikian, mungkin tidak heran kalau kita dengan mudah berpindah, karena selama ini kita tidak pernah merasakan hubungan kasih yang mendalam dengan Tuhan melalui cara kita sebagai orang Katolik.

Sebagai orang Katolik, kita harus percaya sebagai pribadi bahwa di luar Kristus, tidak ada keselamatan. Dia satu-satunya jalan. Dan di dalam Gereja lah Kristus paling jelas ditemukan. Mengingkari Dia berarti menjauh dari keselamatan. Pernyataan itu hanya lah istilah yang memang harus kita terima dalam rangka hubungan dan dialog antaragama yang berbeda dengan keputusan hidup bersama dalam keluarga.

 

53 responses to “PACARAN BEDA AGAMA, MENGAPA DIBICARAKAN?

  1. Christine Natalia Situmorang

    dalam Alkitab kant jugak dituliskan terang dan gelap . aku pnya shabat iang pcran beda agama . punya ayat iang KUAT ga ? untuk menyakinkan tntng persepsi pacaran beda agama . thanx .
    Gbu ..

  2. Christine Natalia Situmorang

    dalam Alkitab kant jugak dituliskan terang dan gelap tdk dpt bersatu . aku pnya shabat iang pcran beda agama . punya ayat iang KUAT ga ? untuk menyakinkan tntng persepsi pacaran beda agama . thanx .
    Gbu ..

  3. thank’s before for u’r writing…

    • “Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?” (2 Korintus 6:14)

  4. Baru2 ne, peLajaran agama kmi di skoLah mngenai beda agama..
    TertuLis bHwa, Agama tidak penting, y6 penting adaLah iman,,
    Kta guru kmi, jdi wLaupun kta bkan agama KatoLik, tpi kLu kita percaya KRISTUS sbg JurusLamat, kita jUJa di seLamatkan..
    Jdi y6 mNa nueh y6 bener??

    pLiz bLaz,,
    GBU

  5. Bru2 ne, kmi bLajar agama di skuL, mengenai beda agama..
    TertuLis, kLu agama itu ga penting, y9 penting IMAN,,
    Jdi kLu kta bkn aGama katoLik, tpi kita percaya KRISTUS sbg jurusLamat, kita jUja akan di seLamatkan..

    Yang btuL yg mNa duNk??
    pLiz bLaz yah,,
    GBU

  6. Damai sejahteran bagi teman” semua , ini adalah postingan pertama saya. Nama saya Daud dan saya seorang Kristen , saya tahu iman saya masih belum kuat saya tahu masih banyak kekurangan dari sharing saya ini , tp saya harap mungkin postingan ini bisa berguna sedikit saja , Dalam nama Tuhan Yesus amin.

    1. Christine Natalia Situmorang
    Maafkan saya kalau sayapun kurang tahu mengenai ayat yg kuat untuk menyadarkan teman anda , karena keimanan kita tergantung dari masing” pribadinya dan bagaimana lingkungan membentuknya. Namun begini , menurut ajaran Tuhan saya dan Tuhan bagi semua orang , Yesus Kristus .. Dia mengatakan hukum yang paling Terutama adalah Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu … coba katakan kepada temanmu apa ia sudah tau ayat ini dan tau maknanya? tanyakan juga mana yang lebih penting dalam hati teman anda Tuhan atau Cinta yang dia anggap tulus?kalau saya tidak akan menjual Tuhan saya … Saya percaya Yesus bukan karena saya ingin masuk surga , tp karena saya merasa tidak bisa apa” dan bukan apa” kalau bukan karena Dia .. Dia tidak pernah meninggalkan saya di saat saya jatuh sedalam”nya , dan tidak membiarkan saya menderita melampaui apa yang dapat saya terima , jadi tidak ada alasan untuk menukar semua itu kepada seorang yang paling cantik sekalipun atau paling ganteng sekalipun berdasarkan cinta yang menurut saya cinta dari pasangan pun tidak akan bisa membahagiakan saya kecuali cinta Tuhan kepada kita. Ingatkah perkataan Tuhan bahwa Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup , tidak ada seorangpun yang bisa sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Aku .. dan pacar kita yang beda agama bukanlah merupakan bagian dari rencana Tuhan .. itu adalah cobaan dari Tuhan , untuk mengetahui sejauh mana kita layak mengikut Dia … intinya jangan sampai hanya karena cinta dan kenikmatan sesaat kita menjual Tuhan kita , karena ini hanyalah hidup yang sementara hidup yang sebenarnya adalah hidup bersama-sama dengan Dia setelah kematian kelak. Bagaimana apakah ada yg ingin ditanyakan?maaf ya kalau tidak sesuai keinginan .. Jbu.

    2. Valentina berkata
    Benar yang paling penting adalah iman , secara umum dan iman yang benar secara khusus , karena banyak agama yang bisa dibilang agama KTP aja , padahal yang terpenting adalah pengamalan iman kita yang benar , jadi saya setuju dengan guru anda , namun agama menjadi semacam kemasan kita dalam sistem birokrasi di negara ini , agama bisa menjadi pengingat kepada siapa kita percaya. Jadi intinya bukan agama yang menyelamatkan tetapi ajaran agama yang kita yakini kebenarannya dalam iman yang benar dalam Yesus Kristus.. Jbu.

    • tengkyuuu daud!! postingan lo membuka mata gw!!!

      “pacar kita yang beda agama bukanlah merupakan bagian dari rencana Tuhan .. itu adalah cobaan dari Tuhan , untuk mengetahui sejauh mana kita layak mengikut Dia … intinya jangan sampai hanya karena cinta dan kenikmatan sesaat kita menjual Tuhan kita , karena ini hanyalah hidup yang sementara hidup yang sebenarnya adalah hidup bersama-sama dengan Dia setelah kematian kelak.” LIKE THIS!!!

  7. saya pnya cowok beda agama,kami dah pacaran 6 bulan..masalah ini sudah pernah kami bicarakan dan dy blg mw ikut agama saya kalau nantinya kita berjodoh karna latar belakang keluarganya jg byk yg katolik jd sedikit2 dy jg ngerti..dy jg mw diajak ke gereja sama sy tp sy jg msh sgt berpikir ttg hal ini..bgmna menurut anda??

  8. Bramanditya Aji S

    walupun beda tapi tidak meninggalkan agama masing masing gpp.

  9. paulus aditya wisnu wardana

    di dunia ini tak ada yang sama jika berbeda itulah hidup. disini kita ditantang oleh Tuhan apakah kita mampu hidup damai dengan perbedaan.

  10. q ckrg jg mnghadapi mslh xg hmpir sama dgn gani,, q pny cwo beda agama dgn q,, q uda hmpir 2thn berthan pcran ma dy,, q akui q cinta ma dya..
    tp q mrasa g nyaman pcrn dgnny, cz q mrasa trgngu dgn kwajiban agmny xg mghruskan sembahyang 5 wkt,, jumatan, itu mmbuat wkt q dgnny terbtas,, q jg mrasa sdih bila mngingat prbedaan q dngnny.. krn q tau ni adl prbdaan xg pling mndasar dlm hidup.. tp dy ga prnah mempermasalahin soal ini,, mnrtny smua agma intiny baik,, dn dy ingn trus brsama q smpai kpnpun…
    q uda brusaha dgn mnggunakan akal sehat q tuk mutusin dy,, tp ttp dy ngotot bwt ingin brsama q trus.. n rsanya sllu ja ada halangan bwt q tuk ngindarin dy…
    q msih g mngrti dgn hub q ini,,q sring g mngrti, mngapa Tuhan mmpertmukan q dgnny,. ??

  11. aq juga ngalamin yg kaya gini..
    cowo aku seorang muslim,,
    awalNya memang tujuan kita pacaran hanya ingin menikmatinya ja..
    tapi setelah berjalan bbrp bulan,,obrolan mengenai masa depan makin intens,,mengingat umurnya jg sudah pantas untuk memikirkan pernikahan,,
    dulu dy sempat punya keinginan masuk kristen,,namun bataL karena ada pihak yang manas-manasin,,

    skrg udah hampir 1 tahun,,aq jg masih bingung,,antara melepas dy..atau ttp bersatu meski berbeda. Q akui akan sangat byk pihak yang disakiti kalo aq tetap memilih u/ menikah dg dia,,salah2 aku bisa gag diakui anak lagi dikeluargaku..tapi saat ini aku juga masih sulit melepas.. T.T,,mengingat sosok spt dylah memang yg ku cari selama ini,,

    cm satu kata2 penyemangat ku skrg : : Tuhan selalu memberi apa yang kita perLu ,,bukan apa yang kita mau..,,

  12. wah pengalaman Vira mirip banget sama pengalamanku,,
    dulu sejak pertama ketemu dy aq lang suka,, dan lama2 perasaan ini semakin dalam,, dan saat perasaan ini mulai serius malah masalah beda agama muncul,, aq jd bertanya knp Engkau pertemukan aq dengan dy,, apa Tuhan sedang mencoba iman saya??
    di sisi lain juga bnyak orng yg gx mendukung hubungan qta, tpi aq sudah terlanjur mencintainya,, sulit untuk menghilangkan rasa ini,, aq binggung aq harus bangaimana?? tolong bantu aku semuanya..

  13. umm,, maaf, saya ikut nimbrung..

    saya punya pengalaman religious yang menurut saya WOW banget..

    saya punya teman, dia seorang Katolik, begitu pula Ibunya, dan kakak2nya..
    yang pertama terlintas di pikiran saya adalah “owh, keluarga Katolik toh, pantes rukun2 saja”
    dan ternyataaa..
    ayah teman saya itu adalah seorang Islam..
    yang membuat saya heran adalah, kenapa keluarga ini bisa rukun?

    dan saya baru tahu,
    dalam keluarga itu, ada perasaan saling menghargai yang sangat kuat..

    contoh kongkritnya..
    saat bulan puasa, seluruh keluarga menemani sang ayah untuk sahur, bahkan, satu keluarga biasanya ikut puasa menemani sang ayah..
    sang ayah pun begitu, sering menemani istri dan anak-anaknya ke gereja, bahkan, sebagai seorang dokter, sang ayah ini sering ikut dalam acara pengobatan gratis yang diselenggarakan di gereja paroki sang istri..

    pertanyaan saya..
    saat ada keluarga yang beda agama tapi saling menghormati dan mengahargai, salah atau tidak???

  14. Hemmmmm…… saya juga pengen tau, klo kita pengen ngebedain pacaran antara beda agama, “IYA” tapi bagaimana perbedaan cara pacaran kristen dengan duniawi (yang belum mengenal kebenaran)? please.. give me answear……

  15. gag ada di dunia ini sesuatu yang sama, tanpa kita sadari semua itu bersatu dengan perbedaan masing-masing..
    pengalamanku juga demikian. .
    aku punya co muslim qt pacaran hampir 3.5 tahun. seblumnya smua berjalan baik-baik saja. tapi lama-kelamaan ada satu masalah dimana qt sama-sama emosi dan akhirnya break 1 bln. dlm proses 1 bln itu co-q di presure sma kel untuk putus dari aku. smua memang tak terima keputusan ini. co-q berusaha berontak dan akhirnya tambah di tekan oleh kel-nya. mungkin bonyok co-q gag ingin anaknya itu jatuh dilubang yang sama. secara ibu nya dulu seorang mualim (katholik pindah islam). hal itu sama dengan apa yang aku alami. smua keluarga dri pihak ibunya kristiani. hanya saja di pihak bpknya islam.
    satu hal yang sllu q ingat firman tuhan :
    -mintalah maka Dia akan memberi. ketuklah maka Dia akan membukakan-
    mungkin dengan adanya masalah ini qt di ingatkan untuk lebih beriman dan berdoa memohon apa yang qt inginkan. .

    • wa sma dgn FLOW,.
      Cwo w seorang MUSLIM.
      Kta udh pcran slma 3 Bulan.
      Bnyak yg blg kisah kmi seperti sebuah crita SINETRON.
      Dulu wkt kecil kta Suka main bArenk.
      Tepatnya d.usia w 2 taun n dy 5 taun.
      N Akhrny kta terPiSAh slma 15 taun.cz dy ikuT tanteny ke jogja.
      Stlah 15 taun Gk jumpa,,
      akhrny kmi dpertemukan lg.
      Sat it aq 17 taun dn dy 20 taun.
      W sbnrx udh gk ingat lg Ma dy.
      Tp tbA2 Dy Hdir d.khdupan w lg.
      W lupa total tTg dy,mgkin cz dlu usia w bru 2 taun th.
      Tp akhrx w yakin,,cz oMa w sndri yg blg.lw Dy th tmen kecil w.
      Dy ngeyakinin w,dgn crt dlu pas w ambil BoNeka dia,akhrx dy gIgIt pipi w.
      N crta it,sma percis dgn yg d.critain oMa w.
      Akhrx w yakin,wlwpun ampe skrg w g ingt ma msa lalu w th.
      Lm2 w btman,,w aNgGap dy aBng w sndri.
      N gk tw nya,,perasaAn syang mulai tmbuh d.hati kta 2.
      N akhrx kt memli bwt bAckstreet.
      HGa cz swt kejadian.
      Rahasia kmi trboNgkar.
      Smw jd tau,lw kmi paCaRan.
      N akhrx dy mlai serius,bhub dgn usia dy jg.
      Dy mlai singGung AGAMA.
      Udh 2 x kta bicrain serius.n 1 pas dy blg lw dy mw lakuin ap aj u/ buktiIn SAYANG dy ke w.
      N w blg,bsa kn ?jd KRISTIANI bwt w?
      Dn sblm w kasi tw it,w dh tnya luan.yakin bsa kn?
      Dy blg YAKIN..
      Stelah it jg,w tnya.SANGgUP??
      Dy jg blg ia.
      Sblum it jg kmi ud bicrain.
      N dy blg,dy mau ikuT w,aslKn w ngmg dgn ortUx.
      Keluarga mamax kristen smw,cz mamax jg mualim(kristen masuk islam)n nenek dr mamax islam msuk kristen.
      Keluarga dr mamax KRISTEN smw,n mrk stju cwoku pindah ke KRISTEN.cz memang sblm dgnku,,mrk udh dsuru msuk kristen.
      Tp keluarga papax yg berat.
      Cz kkx dlu pcrn dgn kristen.
      Dn kKx Brhasil bwa cwox masuk islam.
      Jd?cz it,dy bfikir.
      KKx yg cwe z bs bw cwox ke Islam.
      N papax jg dlu bwa mamax ke ISLAM.
      Knp dy gk bsa? Mgkin it yg d.pkrkanx.
      Jd gmana dnk menuruT kalian??
      Tlg bntU aq yaa…
      1 yg q mau,aq gk mw dia pindah cz trpaksa,atw cz CINTA.
      Aq mw,dy pndah,cz keselamatn n kbenaran dr YESUS KRISTUS.
      Tlg bntu aq yaa….

  16. mungkin disini agk berbeda..ak sdng menjlin hubungn dengn pacar Q..kta sma2 kristen..namun dia advent dan ak protestn…
    mskpun hubungn kta bru 7 bln..tpi kt brncana untuk k jnjang slnjtny
    namun hubungn kit terkndala dngn latr blkng yg brbda..say ingin ttp di protesetn dan dia di advent…sbnrny kt sma2 prcya Tuhan..namun untk bertmbh bersma tdk mgkn untk mjnlni khdpan rohani sendiri2…lbh baik bersma2…menrt tmn2 bgmana lngkah yg hrs sy ambl?

  17. sbg info aku muslim n aq punya cwe yg agamny katolik,

    udh 6 bulan aq jalanin ini, tapi akhir2 ne dia sngat memaksa aq msuk katolik…

    putus aja akhirnya…..

    agama menurut islam lebih penting karena Allah swt meridhoi umatnya yang tetep pada imannya

  18. aku jg mengalami masalah seperti ne… aku pcaran dah lbih 2th dengan cowok aku yg beragama muslim. sbenarnya dri awal qt sepakat tuk jalani waktu bersama2qt dah bahas hal2 pa yg kn dhadapi kedepannya… hampir setiap hari kami membahas masa depan hubungan kami.sakit rasanya tuk meninggalkan semua yg telah kita lwati bersama,bisa dbilang aku dah tergantung ma dy.. kita sama2sling mengisi,berbagi,dan saling menjaga.blm lm kami sempat berpisah tpi gx lama hanya 2hr,ternyata tidak lah gampang.begtu sakit. sakitnya lg keluarga kami tidak da yg setuju jika anak mereka sampai pndah agama.aku sempat berfikir kenapa harus da perbedaan agama.dan knapa ketika aku bertemu rang yg menyayangi q harus dhadapkan perbedaan agama dantara kami.kami sama2 saling menyayangi tp kami jg sama2 saling berpegang teguh dengan keyakinan kami.Dalam hati kecilku pun berkata “Haruskah mengorbankan kebahagian kita demi kebahagian orangtua kita????” sampai sekarangpun aku slalu berdoa pada Tuhan Yesus,”Tuhan jika dy adalah jodohku bukalah hati dy tuk menerima panggilan MU untuk menjadi anakMU, dan jikalau dy bukan jdohku berilah kekuatan bagi kami tuk menghadapi suatu perpisahan yg kn membuat kami sakit. Dan aku percaya Tuhan mempunyai suatu rancangan yang terindah buat kami berdua, semua tu kan indah pada waktunya.” dan dan karang pun aku masih menjalin hubungan dengan semua perbedaan ne…
    Balas.

    • aq sma dgn kmu Cicilia..
      Aq jg udh meminta pda BAPA ,,
      spaya kirax Dia Membukakan PintU hati cwoku,,untk mnerima KRISTus D.hdupnya.
      Kdang aq mrasa.
      Smw ini KARMA.
      Cz dr dulu jujur aja.aq gk pnah pcran pake HATI. .
      Slalu aq Yg dicintai,tanpa aq mencintai.
      N it gk enak bet.
      Pnh aq meminta,,gambAran cwo impianku dlm doaku pda BApa melalui puTra Nya Yesus,,
      dan aq ingn hubungan yg MENCINTAI dan DICINTAI..
      N BApa Memberikan dia buatku.
      Aq mrasa dia ad L Jwbn dr doaku,
      smw yg q pinta dlm doa,ada di dirinya.
      N kmi jg sling mencintai.
      Dan bru dganNya L,,aq merasakan pcran yg sesungGuhnya..
      Indah bet.
      Rasanya ingn slalu brSamanya,,
      nyaman bet ad d.dkatnya..
      Tp Ntah knpa Jalanx bgni??
      Trkdang aq heran sndri.
      Apkh mksud TUhan MemiliH dy sbgai jwbn dr doaku??
      Tlg bntU aq tman…
      Plis…

  19. MaaF….

    kayanya cuma saya oran islam di sini..
    \

    memang sepengetahuan saya agama manapu tidak bisa menerima jika dalam pernikahan si pasangan berbeda agama.

    jdai salah satu harus ada yang mengalah.

    referensi : buku, pengalaman saudara, pengalaman teman

  20. ADA Yang pernah Bilang

    ” kenapa aku harus mencintaimu,yang Bahkan TUHAN ku sendiri aku khianati”

  21. perasan sayang sma seseorang walaupun brda agama tuh muncul dr dlm hati kecil…kalian tau gak perasaan sayang sma seseorang itu siapa yg berikan ??
    itu semua Tuhan yg berikan. kira2 apa maksud semua itu !!! jadi d sini itu Tuhan ga pernah melarang orang pacaran atau bahkan nikah beda agama….karena yang kalian harus tau, klo kita belajar ttg pendidikan agama secara serius dan sdh paham betul…kita cmn melihat satu yaitu Tuhan Allah ga ada lagi liat agama. semua itu hanya bualan manusia yang hanya mengangap agamanya yg paling baik. padahal semua agama mengajarkan ttg kebaikan….

    • ia,.w stju dgn ap yg u blg.
      PerasaAn CINTA atopun SAYANG dr It Adalah ANUGRAH dr TUHAN,,
      it smw TUHAN yg berikan.
      Jd kta hrus mensyukuri dan menjaganya.. :)
      .tp 1 yg w bgungakan,,
      ap mungkin nikah 2 agama it bkal enak?
      mgkin bkal iri liat pasangan yg sm2 ke gereja ,ibdah bsma?
      Mgkin di awal,bsaBsa saja..
      Memang TUHAN,,gk Pnh bda2in Agama.
      Cz TUHAN cma 1.
      tp gmana ya??w jg bgung nh..

  22. aku seorang muslimah, ttpi aku suka dgn sorg Protestan. dan 2 hari lalu dia menembakku. karna dia juga suka padaku. nah, trus aku bilang ke dia kalo aku btuh wktu 4 hari buat berfikir.. aku akan menerimanya ata tidak.. :(

  23. Halo semuanya, terutama Cicilia, ceritaku sama bgt sm kamu. Aku Kristen, pacar ku seorang Muslim. Kami udah pacaran 1,4 thn. Selain beda agama, aku juga pacaran jarak jauh. Keluarga aku udah tau klo dia beda agama sejak aku 2 bulan awal pacaran, kel aku nentang tp ak nekat, ak tetep sm pacarku smp skrg. Aku jg udah ketemu sm orang tua pacar ku semenjak 1 thn yg lalu, mereka welcome bgt sm aku tp sayang mreka ga tau aku beda agama. Baru hari ini mreka tau dan mreka bilang ga usah di terusin. Kami berdua bingung harus ngapain. Pisah cuma bisa sakitin masing2. Udah begitu byk yg kita berdua lakuin dan rasanya berat bgt untuk ditinggalin dan kita berdua rasa kita pas untuk satu sama lain. Memang kami masih di tingkat terakhir kuliah, tp pembicaraan2 utk masa depan udah sering km bicarakan, bahkan tentang anak2 kami nanti :’) . Keluarga kami berdua yg susah menerima kami, pdhal slama ini klo pun berantem kita ga pernah berantem ttg agama. Bahkan dia ngingetin aku untuk ke gereja, aku ingetin dia utk sholat. Sekarang yg kmi bisa lakuin ya tetep berada untuk masing2, msh memperjuangkan hubungan kita. Aku ga akan nyesel atau ngerasa semua sia2 kalo pun akhirnya harus putus. Aku juga berpikiran sm kyk tmn2, kenapa Tuhan mempertemukan klo harus dipisahin? Padahal ketemunya aku sm dia jg agak ajaib, 5 tahun lost contact tiba2 bisa ketemu lagi, aku yakin ada artinya di balik itu. Aku berharap bisa meneruskan hubungan ini sm dia, dan semoga temen2 yg lain jg bisa ya. Sama2 berdoa, semoga Tuhan mendengar.

  24. apa yang harus di lakukan ketika kita terlalu sayang sma orang lain tapi ada “pembatas” itu?
    bagaimana ketika kita mencoba bersatu dengan orang ( berberda keyakinan)itu namun kita tetep percya thdp kristus?

  25. Tuhan memang satu, kita yang tak sama
    namun semua apa mungkin?? iman kita yang berbeda .. :'(

  26. trimakasih untuk artikel ini,sangat sangat sangat menjadi bahan pertimbangan untuk aku ke depannya.walaupun suatu saat nanti hal yang aku takutkan terjadi,aku siap.

  27. hmmm, tidak serta merta kita bisa mempersonalisasi Tuhan.
    tak bisa dengan pilihan “Tuhan atau pacar”

    bagaimana cara kita mencintai Tuhan..?? ya dengan mencintai sesama..
    biarlah perbedaan tetap menjadi perbedaan, saya setuju bahwa ini adalah Tantangan dari Tuhan, apakah kita bisa hidup rukun dalam perbedaan..??

    saya seorang Kristiani, dan keluarga saya juga, tapi keluarga dan lingkungan selalu mengajarkan plural itu baik, perbedaan itu wajar.

    salam dalam Kristus…

  28. thankx banget temen2 yang udh post ttg mslh ini ataupun koment..
    aku jalani hbgn spt itu sekarang.. udh 2 bulan.. berat memang,berat buat bilang putus.. krn dia sll dukung aku dlm kegiatan q digereja ataupun pelayanan q.. tp berat juga hadapi keluarga q.. gak ngerti harus gimana.. yang jelas spt yg dibilang @vio diatas.. aku gak akan Jual Tuhan Yesus cuma krn aku syg sm pcr q..

    maaf malah jadi Curhat.. tp makvsih bgt ..
    Tuhan Yesus memberkati..

  29. Saya Baru mlihat Artikel Ini, Sangat2 menarik untuk d’baca.
    Dan hmpir smua tmn2 yg sdh posting comentarx mngalami hal yg sama dgn sy.
    Sedih rasax mmbicarakan soal perbedaan Keyakinan…:'(
    Pacar saya seorg Muslim…yaaah bisa di bilang muslim fanatik. Saya mnjalani hbungan ini sdh 5 Tahun 4 bulan. bukan waktu yg singkat untuk mnjalani ini :'(

    Saya sangat2 bingung :-/
    Dlm Hati kecil sy, sy sangat mencintai Yesus dan k’2 orng tua sy,,
    D’sisi lain, sy jg sangat menyayangi pcr sy !!!
    Saya percaya Tuhan sllu ada d’stiap sy mngalami suatu masalah.
    D’sisi lain lg….pcr saya sllu mndampingi sy saat sy mngalami kesusahan, saat saya ada dlm masalah, dia org yg prtama mnguatkan sy Dan saya tahu bahwa Yesus’Lah yg utama mndampingi saya !!!

    Apa yg harus saya Lakukan???????????????
    Setiap brdoa sy katakan “Tuhan apa rencana’Mu atas kehidupan sy?? Mengapa engkau membiarkan sy menjalani ini?? Pegang erat tangan’ku Tuhan, jgn biarkan sy brjalan tanpa’MU”

    Terus terang ini mnjadi Pergumulan terberat bagi saya…..
    Tapi sy yakin dan percaya, suatu saat Tuhan akan mnjawab smua doa’ku tanpa harus ada yg tersakiti…AMIIIIIIINNNNNN !!!!!!!!

  30. syalom saudara daud..
    “bukan kehendak Tuhan melainkan cobaan Tuhan..” bukannya dalam ayat dinyatakan bahwa Tuhan tdk pernah mencobai umatnya..

  31. gimana jalan keluarnya aku terlanjur gak bia lupain matan pacarku yg beda agama

  32. baru pertama kali aku baca web ini dan langsung berkaca-kaca.
    aku kristen prostestan. aku memang baru 3bln jalani hubungan yg serius sama cowok yg beragama Muslim tapi kami sudah berniat menjali ini semua dengan serius. Meskipun kami juga terpisah jarak karena dia mendapat beasiswa di luar pulau kami tetap berusaha mempertahankan hubungan ini.
    kenapa aku bertahan? karena dia baik. dia tahu tentang bagaimana mengasihi orang lain. dia suka membantu orang yg membutuhkan. dia sabar dan lembut. dia sangat menghormati seorang wanita. masih mudahkah di jaman seperti ini mendapatkan lelaki sebaik dia? menurutku itu sangat sulit.
    jadi aku memutuskan untuk bertahan.
    sejauh ini keluarga kami masing-masing belum mengetahui tentang hubungan kita. tapi kami berniat akan membicarakannya suatu saat nanti.
    sekalipun banyak teman-teman yang mendukung, tapi tidak sedikit pula yang menentang dan menyarankan untuk berhenti.
    Berhenti sekarang itu rasanya sudah terlalu jauh kita berjalan, mau melangkah ke depan, seolah di depan semakin berat.
    Semoga suatu saat nanti, Tuhan benar-benar menunjukkan langkah yang terbaik untuk kita :”)

  33. Gue percaya Yesus itu Tuhan n Juruselamat…dlu klo sahabat gue pcrn bda agama, dgn gampangx gue bkal blg,”Jgn dlanjutin…ingat imanmu..klian kan bda iman”. Tp skrg gua malah suka cwe muslim yg bjilbab…blum pcrn sih…cuman gua…pelan” mulai sayang banget dia :(

  34. sy mmpunyai pengalaman yang baru pertama kali ini . saya seumur hidiup ga pernah pacaran ga pernah dkt ma cwe pa lg nembak./
    tp skrg ktka sy klz 3 smk malah sy brtmu cinta sy yg beda agam dan ni ntk pertama kalinya sy nembak cwe .

    jujur sy sayang ma dy karna perbedaan itu.
    dlm agam islam pcran seagama ja ga boleh pa lg bda agam.
    dan kini sy lebih tw bahwa islam tidak mengjarkan bagaimana manusia mencari tuhan karna tanpa itu pun manusia sudah tw tuhannya masing2 dan it adalah fitrah manusia.
    yang islam ajarkan adalah bagaimana mereka mengenal tuhan meeka dentgan benar .
    islam membenarkan adanya keanekaragaman tapi islam tidak membenarkan semua agama.

    ……………..?
    mungkin kalian semua masih bingung prnyataan saya di atas mau lebih lanjutnya. silah kan buka …..
    alamt email: blog toriqul iman./jalan menuju.iman .co.id….

  35. kayaknya susah banget ya njalanin pacaran beda agama, tp biasanya namanya udah cinta susah banget buat dipisahnya :D
    daripada susah-susah, buat cari amannya emang mending yang seiman aja

  36. Sy merasabersalah karna telah merusak seorng gadis dlm berpacaran yg akhrna harus diakhri krna perbedaan agama.apa sy salah dan msih ada kah pengampunan dr Tuhan Yesus ke saya..?
    Sy mnyesal dan ingn memperbaki ini semua..!!

  37. Sy memiliki kekash seorng wanita muslim..km berpacaran dan telah melakukan layak na hubngan suami istri.tp krna kendala ortu msing2 maka km memutus kan tuk mengakhri smua walau si wanita tidak trima d perlakukan demikian!
    Apakah sy bersalah krna sy ttp bertahan dlm tuhan yesus?apakah msih ada pngampunan itu..
    Tolong ksih masukan
    27f569b9 pin
    085813470286
    Tolong doan n ksih maukan
    Thank’s
    GBU

  38. fajar hadiyanto

    aku pun pernah mengalaminya,,aku seorang muslim dan cewekku seorang protestan,,sebelumnya qta di tentang ma kedua orang tua qta masing2,,akhirnya kmi putus,,tapi karna cinta qta sangat kuat Allhamdullilah,,kami bersama lagi,,hingga saaat ini(menikah)kami hanya menjelaskan pada mereka,ortu,Tuhan menciptakan setiap mahluknya dengan banyak perbedaan,,Tuhan menitipkan cinta dan sayangnya pada kami berdua,apa itu salah,,apapun keyakinannya Tuhan tetap satu(esa),,,sampai hari ini kami hidup rukun dan bahagia,kami tidak pernah saling memaksakan,agama kami,,biarlah Tuhan yang menuntuh rumah tangga Qta berdua,,Allhamdullilah,,,segala puji bagi Allah,,Tuhan memberkati Qta semua Amin

  39. Terimakasih infonya
    ini saya ketemu referensi baru tentang pacaran beda agama

    http://bajucouple.com/news/article?ncat=75&news_id=17

    semoga bermanfaat

  40. saya punya cewek yang beragama muslim kami pcaran blum lama sich bru brjalan 2 bulan
    masih bingung karena perbedaan tersebut.
    bagaimana menurut anda?
    apa kh di lanjutkan atau di selsai kan?

  41. Saya sudah membaca artikel ini dan semua komentar2 disini, mataku berkaca kaca membaca kisah2 yang diatas krna perbedaan . sama dengan saya :’) Saya seorang muslim dan cwok sya Kristen pacaran belum lama sih bru jalan 8 bulan . Walaupun kami pasangan yng mungkin bisa dibilang “remaja” sya umur 16 dia 17 thn . tpi cwok saya pemikirannya dewasa . dia slalu membahas tentang masa depan . dan dengan kelabilan saya . saya selalu menentangnya dengan berkata “Memangnya kmu mau , saya jdi masa depanmu? kalau memang mau , apa bisa?” dan dia selalu jawab “Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini” -_- nyesekk bangetkan? saya selalu mencoba untuk brfikir ini bagian dri kelabilan sih, bagian dri cinta monyet hahaha .. aduh bingung . Teman2 ku selalu bilang . “kmu pacaran serius amat , nggak pernah berfikir kah? kalian buang2 wktu pacaran krna beda agama” -_- nyesekkan? Entahlah hubunganku ini diseriusin sama si cwokku dan saya kadang menanggapinya atau ini cuman bagian dri cinta monyet . Entah . tpi jujur saya sudah syg bnget sama dia -__-

  42. Orang tuamu setuju ga klo km pcran.sm. beda agama??

    • Selamat malam semuanya, saya juga memiliki seorg pacar beda agama, dia kristen saya muslim, kami udah menjalin hubungan kami selama 1 thn 4 bln, dan malam ini kami diambang perpisahan krna dia merasa org tuanya tdk akan pernah merestui hubungan kami, tp saya selalu meyakinkan dia untuk tetap bertahan, saya sangat dekat dgn ibu saya sehingga saya dgn santainya bercerita tntang hal ini dan ibu saya tau kalau dia seorg kristen, ibu saya bilang “jangan dulu terlalu serius, jodoh di tangan Allah, tp siapa tau kedepannya dia bisa mas bawa masuk kedalam islam” saya hanya meng-iyakan, sedangkan pacar saya sangat takut untung bercerita ke ortunya, dan pacar saya sebenernya ga ingin berpisah dia sudah sangat sayang dgn saya, saya pun sangat sayang dgnnya, hanya saja usia kami masih terlalu muda, dan perjalanan kami masih jauh, jdi apa saran teman2 disini? Terimakasih :)

      • ass jay. kita sama, sya muslim dia kristen dan skrg hubunganku 1tahun 2 bulan . Yang jadi permasalahan … sya pernah dapat perlakuan tdk enak dri kakaknya dan dikarenakan saya sebagai pacarnya seorang muslim , mungkin dari pihak keluarganya tidak menyetujui kami. Saya dlu berkata , sya takut keluarga mu bertindak , tpi dia meyakinkan sya . -_- . kalau ortu saya belum tau, tpi kayaknya lebih ke purapura tdk tahu, krna bpak sya pernah ngasih kode ke saya , katanya “kalau pilih cowo liat imannya jangan sampai kau pura2 bodoh dalam hal ini” .
        iya usia memang masih terlalu muda .. -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s