Bahan Renungan Kehidupan Keluarga

Hidup berkeluarga adalah suatu panggilan hidup yang ditanamkan oleh Allah dalam diri orang-orang yang dipanggil untuk menjalani kehidupan seperti itu (bdk I Kor 7, 7). Bagi mereka yang dipanggil oleh Allah untuk menjalani bentuk kehidupan ini pasti juga dikaruniai rahmat yang memungkinkan mereka mampu menjalani panggilan itu dengan penuh sukacita sehingga mengalami kegembiraan dan kebahagiaan dalam hidup Tanpa bantuan rahmat Allah, kiranya akan menjadi sangat sulit untuk mampu menjalani panggilan itu dengan penuh sukacita.

Namun demikian, usaha dan perjuangan manusia tetap diperlukan sebab rahmat  Allah bekerja melalui dan di dalam usaha manusia. Menyadari akan kenyataan itu, perlulah diusahakan sejumlah hal yang kiranya dapat membantu suami-istri menghayati hidup perkawinan dengan lebih baik. Secara jujur harus diakui bahwa sudah banyak hal yang dibuat dalam rangka mendukung tercapainya tujuan perkawinan seperti yang dicita-citakan: buku-buku mengenai perkawinan dan hidup berkeluarga sudah banyak ditulis dan beredar di pasaran, kegiatan-kegiatan yang berupa pendalaman dan penyegaran tentang hidup perkawinan/keluarga juga sudah banyak dilaksanakan entah berupa seminar, rekoleksi, retret dll. Karena itu, kehadiran bahan renungan ini bermaksud untuk ikut membantu menyediakan sarana/bahan yang kiranya diperlukan dalam usaha pendampingan berkelanjutan bagi pembinaan pasangan suami-istri/keluarga.

Bahan renungan ini dikemas dalam satuan tematis dengan menyajikan 12 tema aktual menyangkut masalah kehidupan keluarga dengan pembahasan yang komprehensif berkaitan dengan masing-masing tema, diawali dengan pengantar singkat dari setiap tema, disusul dengan doa pembukaan, bacaan Kitab Suci yang berkaitan dengan tema, pokok-pokok renungan yang berupa pembahasan dari masing-masing tema, doa umat, doa penutup dan diakhiri dengan daftar pertanyaan refleksi yang mengajak pembaca untuk masuk ke dalam permenungan pribadi atau kelompok untuk lebih memperdalam pembahasan tema yang disajikan sesuai dengan situasi kongkret yang dialami/dihadapi oleh para pembaca. Bahan renungan ini dapat digunakan sebagai bahan rekoleksi, misa keluarga atau retret. Dengan tetap mengingat bahwa tujuan dari penulisan bahan renungan ini adalah dalam konteks pembinaan umat, secara khusus pembinaan hidup berkeluarga maka pembahasan tema-tema yang disajikan sedapat mungkin menghindari pembahasan yang terlalu bercorak teologis/ilmiah, sehingga akan lebih mudah dapat diikuti oleh pembaca, khususnya oleh mereka yang diserahi tugas untuk pembinaan/pendampingan keluarga baik pada tingkat Keuskupan, Paroki maupun Stasi. Demikian juga penyajian doa-doa dan kutipan Kitab Suci dimaksudkan untuk mempermudah mereka yang ingin menggunakan bahan renungan ini dalam pembinaan dengan tetap terbuka kemungkinan untuk menggatinya bila dianggap kurang sesuai sehingga kreatifitas tetap dimungkinkan untuk dilakukan. 

Demikianlah bahan renungan ini dipersembahkan untuk keluarga-keluarga Kristiani, semoga membantu!

Banjarbaru, 6 September 2008 

     

DR I Ketut Adi Hardana, MSF

Downloads:

01-perkawinan-kristiani-dalam-rencana-allah

02-pria-sebagai-suami-dan-ayah-dalam-keluarga

03-wanita-sebagai-isteri-dan-ibu-dalam-keluarga

04-keluarga-sebagai-pemelihara-kehidupan-manusia

05-bertumbuh-dalam-cinta-akan-kristus-melalui-doa

06-pengampunan-dalam-keluarga-kemurahan-hati-anggota-keluarga

07-membangun-komunikasi-relasi-harmonis-suami-isteri

08-orang-tua-guru-dan-pendidik-pertama-dan-utama-bagi-anak-anak

09-pendidikan-sex-dalam-keluarga-kristiani

10-keluarga-sebagai-rasul-bagi-keluarga-keluarga-lainnya

11-kesetiaan-hubungan-suami-isteri-dalam-perkawinan-kristiani

12-relasi-orang-tua-anak-dalam-keluarga

One response to “Bahan Renungan Kehidupan Keluarga

  1. Daftarkan blog anda! dalam lomba blog berhadiah total 10 juta + handphone + speedy gratis.
    info http://www.audiochute.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s